BintanPendidikan

Semarak BPMP Prov. Kepri di SMPN 1 Bintan dalam Gebyar Sekolah Sehat Nasional 2024 Bersama Mas Menteri

BINTAN, 28 Mei 2024 – BPMP Provinsi Kepulauan Riau bersama dengan SMPN 1 Bintan sebagai Sekolah Binaan KSS 2023 dan perwakilan Provinsi Kepulauan Riau sukses menyelenggarakan kegiatan Gebyar Gerakan Sekolah Sehat 2024 secara daring dari SMP Negeri 177 Jakarta. Acara ini diikuti oleh sekolah di 34 provinsi lainnya se-Indonesia.Bintan

Kegiatan ini berlangsung seru karena dihadiri dan disapa langsung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim beserta perwakilan OASE KIM dan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

“Kemeriahan Gebyar GSS ini merupakan keberhasilan kita dalam mengembangkan Sekolah Sehat dari yang awalnya sebuah kampanye menjadi suatu gerakan yang masif. Dari tahun ke tahun, semakin banyak sekolah, mitra, pemerintah daerah, dan masyarakat yang menyadari bahwa kesehatan adalah kunci utama dalam perwujudan pendidikan yang berkualitas,” ujar Mendikbudristek.

Iwan Syahril, selaku Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Disdakmen), dalam sambutannya juga menjelaskan dukungan regulasi dari pemerintah daerah telah menjadi tonggak membangun generasi emas Indonesia 2045 nanti.

“Untuk mencapai hasil yang maksimal, diperlukan pembiasaan, kolaborasi, dan komitmen keberlanjutan yang dijalankan oleh satuan pendidikan. Terima kasih kepada seluruh ekosistem pendidikan, mulai dari OASE KIM, Pemerintah Daerah, satuan pendidikan, hingga orang tua murid yang selama ini telah membantu bersama-sama menggaungkan pentingnya gerakan ini,” pungkasnya.

Gebyar Gerakan Sekolah Sehat di SMPN 1 Bintan

Kegiatan Gebyar GSS 2024 di SMPN 1 Bintan semakin meriah oleh serangkaian aktivitas yang melibatkan puluhan peserta didik yang berfokus pada 5S, yakni Sehat Bergizi, Sehat Fisik, Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa dan Sehat Lingkungan.

Rangkaian acara daring tersebut dikuti secara massal dan penuh semangat oleh para One M (red: sebutan bagi civitas SMPN 1 Bintan). Yel-yel mereka menggema diikuti dengan gerakan lagu sekolah sehat serta Senam Kesegaran Jasmani (SKJ). Selain itu berinteraksi dengan Mas Menteri, BPMP Provinsi Kepulauan Riau juga menginisiasi sarapan sehat bersama, permainan tradisional Kepulauan Riau seperti jengket dan lompat tali, kemudian kampanye minum air putih, dan pemberian tablet tambah darah dari Puskesmas Kijang.

Dalam kegiatan Gebyar GSS 2024 ini juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Kemendikbudristek dengan 12 mitra dari dunia industri, dunia usaha, organisasi nonpemerintah, lembaga swadaya masyarakat, serta kementerian/lembaga. Kolaborasi dan sinergitas dengan para mitra ini diharapkan dapat memperkuat GSS agar warga di satuan pendidikan dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat secara berkelanjutan.

Penulis : DC

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close