Pendidikan

BGP Kepri Sebagai Pendorong Transformasi Sekolah Penggerak dan Guru Penggerak

BALI – Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Kepulauan Riau mengikuti kegiatan Rapat Kerja Transformasi Program Guru Penggerak (PGP) dan Program Sekolah Penggerak (PSP) ke Balai Besar Guru Penggerak (BBGP)/Balai Guru Penggerak (BGP). Rapat kerja dilaksanakan selama 5 (lima) hari mulai tanggal 13 sampai 17 Juni 2022 di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali.

Transformasi PGP dan PSP ke BBGP/BGP dilakukan untuk mengakselerasi perubahan secara berangsur-angsur sampai pada tahap terbaik,” jelas Kepala Balai Guru Penggerak, Imam Edhi Priyanto di Bali (13/6).

Imam Edhi menerangkan komponen penting dalam melakukan transformasi adalah terkait dengan perencanaan dan anggaran, sistem informasi manajemen dan pengelolaan pembelajaran. Ada empat tahapan transformasi sekolah di Indonesia melalui Program Sekolah Penggerak. Pertama, hasil belajar siswa di atas level yang diharapkan. Kedua, lingkungan belajar aman, nyaman, inklusif dan menyenangkan. Ketiga, pembelajaran berpusat pada murid, bukan berpusat pada regulasi. Keempat, refleksi guru dan perbaikan pembelajaran diharapkan terjadi dan sekolah melakukan pengimbasan.

BGP Kepri Sebagai Pendorong Transformasi Guru Penggerak
BGP Kepri Sebagai Pendorong Transformasi Sekolah Penggerak dan Guru Penggerak

 

Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. Banyak keuntungan yang akan didapat bagi sekolah yang melaksanakan Program Sekolah Penggerak, yaitu: Peningkatan mutu hasil belajar dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun. Peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru. Percepatan digitalisasi sekolah. Sedangkan Program Guru Penggerak adalah program peningkatan kompetensi di bidang kepemimpinan bagi guru-guru yang terpilih melalui proses seleksi.

Tujuan dari Program Guru Penggerak menggerakkan ekosistem pendidikan dengan membuka banyak kolaborasi. Mendorong tingkat kepemimpinan peserta didik agar menjadi pribadi yang lebih aktif dan percaya diri. Menciptakan format pembelajaran yang menyenangkan. Mendukung hasil pembelajaran yang implementatif kepada peserta didik. Guru Penggerak akan bertugas menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya. Seorang guru penggerak juga menjadi pengajar praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah.

Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik; aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid; serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. (Hos Arie Rhamadhan Sibarani).

BGP Kepri Sebagai Pendorong Transformasi Sekolah Penggerak
Rapat Kerja Transformasi Program Guru Penggerak (PGP) dan Program Sekolah Penggerak (PSP) ke Balai Besar Guru Penggerak (BBGP)/Balai Guru Penggerak (BGP).
Tags
Show More
Kepriwebsite

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close