Pendidikan

Pentingnya Literasi Politik Bagi Generasi Millennial

Generasi millennial sebagai generasi penerus harus memiliki literasi politik yang cukup baik sehingga generasi millennial memiliki pengetahuan dan pemahaman terkait hal-hal yang mengenai politik seperti proses politik hingga isu-isu politik. Literasi politik bagi millennial sebaiknya tidak hanya melalui pengetahuan dan pemahaman saja, tetapi alangkah baiknya millennial juga mampu berperan dan berpartisipasi sebagai warga negara dalam politik. Generasi millennial sebagai generasi penerus bangsa harus memiliki sifat yang perhatian dan paham mengenai isu-isu politik, karena melalui literasi politik ini maka isu yang sedang terjadi dapat menjadi pelajaran di masa yang akan datang

Literasi politik bagi generasi millennial merupakan pemahaman mengenai isu politik yang diambil melalui kehidupan sehari-hari. Melalui literasi politik, sebagai millennial mendapatkan beberapa manfaat atau pengetahuan dari literasi politik seperti kita sadar bahwa aktivitas dan lembaga politik merupakan hal terpenting dari kehidupan kita karena mereka memiliki kewenangan untuk mengatur kita. Selanjutnya melalui literasi politik generasi millennial mampu membuat opini terkait isu-isu politik, selain itu millennial memiliki pengetahuan terkait kebijakan, perencanaan, dan juga anggaran dari pemerintah, serta yang paling penting yaitu partisipasi millennial dalam kegiatan politik.

Literasi politik merupakan hal yang harus dikuasai oleh generasi millennial, karena hal ini untuk mencegah propaganda politik yang justru merusak dinamika persatuan masyarakat. Selanjutnya melalui literasi politik, generasi millennial dapat mencegah perilaku politik yang justru merusak dinamika politik seperti money politic dan black campaign. Selain itu tanpa literasi politik maka para tokoh politik akan jauh dari rakyat sehingga mereka hanya mementingkan kepentingan mereka sendiri, dengan demikian mereka akan berkuasa tanpa ada pengawasan dari masyarakat. Kemudian, ketika generasi millennial tidak memiliki literasi politik, maka akan memunculkan apatisme politik sehingga menyebabkan kurangnya regenerasi politikus di masa yang akan datang.

Sebagai generasi millennial jangan sampai anggapan bagi orang-orang yang peduli dengan isu politik merupakan sesuatu yang sia-sia. Bahkan generasi millennial juga harus mencegah literasi politik yang rendah, karena jika literasi politik millennial rendah maka berpotensi dibohongi oleh rezim pemerintah yang hanya mementingkan kekuasaan mereka. Selain itu melalui literasi politik ini generasi millennial mampu menaikkan kuantitas pemilu sehingga generasi millennial memiliki kontribusi terhadap demokrasi. Literasi politik bagi millennial harus dibangun bersama dan dapat dilakukan oleh beberapa pihak yang memiliki kewenangan untuk membangun literasi politik seperti sekolah, pesantren, organisasi pemuda, dan berbagai kementerian yang memiliki kepentingan dengan para generasi millennial.

Menjelang tahun-tahun politik justru literasi politik millennial sangat dibutuhkan karena melalui literasi politik ini dapat mengetahui informasi calon pemimpin seperti membandingkan dan mengevaluasi latar belakang atau visi misi yang mereka miliki. Selain itu melalui literasi politik ini generasi millennial dapat memprediksi bagaimana kondisi bangsa ini jika mereka diberikan mandat politik. Jangan sampai di pemilu 2024 mendatang partisipasi politik millennial menurun drastis dari pemilu sebelumnya, karena pada dasarnya literasi politik akan mempengaruhi partisipasi millennial saat  pemilu. Sehingga, literasi politik tidak hanya berpacu dalam pengetahuan dan keterampilan politik saja, tetapi juga mempengaruhi masa depan bangsa ini.

Generasi millennial merupakan tongkat estafet bagi generasi di atasnya sehingga generasi millennial harus memiliki literasi politik, berikut merupakan mengapa literasi politik menjadi penting bagi generasi millennial:

  1. Mengawasi kebijakan pemerintah, setiap waktunya pemerintah pasti mengeluarkan kebijakan bagi masyarakat, sebagai generasi millennials yang memiliki literasi politik maka dapat mengawasi kebijakan pemerintah yang tidak sesuai.
  2. Mencegah berita palsu yang merugikan masyarakat, pada saat ini kita sangat mudah membuat dan menyebarkan berita, sehingga berpotensi bermunculan berita palsu. Melalui literasi politik, generasi millennial mampu membendung hal tersebut karena memiliki pengetahuan yang cukup banyak mengenai berita-berita politik.
  3. Menentukan pemimpin di masa depan, pemilu merupakan kegiatan setiap 5 tahun sekali, di mana agenda tersebut bertujuan untuk menentukan pemimpin Indonesia yang akan datang, dalam pemilu tersebut terdapat pemilihan anggota legislatif dan eksekutif. Melalui literasi politik, generasi millennial memiliki kesempatan besar dalam partisipasi di pemilu tersebut, dalam hal ini generasi millennial dapat menjadi calon atau pemilih dan melalui literasi politik, generasi millennial mampu melihat kebijakan yang mereka bawa sehingga generasi millennial dapat menentukan pemimpin yang memang mementingkan kepentingan rakyat atau hanya mementingkan kekuasaannya sendiri.
  4. Mempersiapkan pemimpin masa depan, generasi millennial merupakan calon pemimpin bangsa dan melalui literasi politik generasi millennial menjadi modal awal bagi Indonesia untuk memiliki calon pemimpin yang berkualitas karena pada dasarnya melalui literasi politik kita akan mendapatkan ilmu pengetahuan mengenai bangsa, negara, dan politik.

Sebagai generasi millenial kita memiliki kewajiban untuk berpartisipasi dan menjaga bangsa Indonesia, melalui literasi politik kita dapat belajar dan memberikan pemikiran serta gagasan yang besar sehingga dapat kita berikan ke pada negara. Gagasan yang dihasilkan melalui literasi politik biasanya akan bermanfaat dan disalurkan melalui cara yang baik, sehingga hal tersebut mencegah berbagai bentuk berita provokatif dari orang-orang yang ingin memecah belah bangsa Indonesia. Pada dasarnya melalui literasi politik ini bukan hanya penting bagi mereka yang terjun secara praktis ke dalam politik, melainkan penting bagi seluruh masyarakat terutama generasi millennial. Melalui literasi politik ini generasi millenial dapat menciptakan pemerintahan yang baik di masa sekarang atau di masa yang akan datang dan yang paling penting adalah segala keputusan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah adalah menyangkut kepentingan masyarakat Indonesia.

windi pertiwi putri
STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close