Kepulauan RiauTanjungpinang

KPU Provinsi Kepri Kirim 3 Perwakilannya ke Jambore Komunitas Demokrasi

Lihatkepri.com, Tanjungpinang – Provinsi Kepulauan Riau mengirimkan perwakilannya sebanyak 3 orang dalam kegiatan Jambore Komunitas Demokrasi “Gerakan Sadar Pemilu”, Selasa (15/8) di Sentul, Bogor, Jawa Barat. 2 orang dari Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi serta 1 orang dari perwakilan Pejabat KPU Provinsi Kepulauan Riau.

Menurut Ardiansyah kegiatan ini sangat luar biasa karena bisa bertemu dengan kawan-kawan komunitas dari seluruh Indonesia. Dari brbagai latar belakang macam perkerjaan dan profesi kemudian juga ada kawan-kawandari disabilitas yang menginspirasi

“Bagaimana mereka yang kekurangan saja semangat untuk ikut serta berperan aktif dalam setiap kegiatan gerakan sadar pemilu dan demokrasi,” ujar Ardiansyah, Rabu (16/8/2017) salah satu perweakilan Kepri.

Sebelumnya, dikutip dari laman kpu.go.id, Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan bahwa Komunitas di Indonesia mempunyai peran penting yang diandalkan sebagai agen pemilu dan demokrasi. Perlahan-lahan jaringan komunitas ini dibangun dan akan semakin membesar dalam mendukung pemilu dan demokrasi. Selain penting, komunitas ini juga menambah semangat kerja Komisi Pemilihan Umum (KPU), karena komunitas ini tetap ada di seluruh Indonesia dan terus membangun jaringan dalam membantu sosialisasi KPU. Bahkan, salah satunya akan bisa menjadi simbol komunitas pemilu dan demokrasi di tingkat nasional.

“Pada saat-saat kritis dalam penyelenggaraan pemilu dan berbangsa bernegara, simbol atau tokoh tersebut yang mempunyai peran penting. Dalam penyelenggaraan pemilu yang baik, tidka bisa hanya mengandalkan KPU saja, tetapi juga kontribusi dari semua pihak dari seluruh Indonesia,” papar Arief saat membuka secara resmi acara tersebut di hadapan peserta jambore yang merupakan perwakilan komunitas dari 34 provinsi.

Selanjutnya, spabila KPU tidak bisa bekerja dengan baik dan tepat waktu, maka resikonya bukan saja bagi KPU, tetapi bagi bangsa dan negara, tambah Arief. KPU tidak bisa bekerja baik jika tidak didukung Sekretariat Jenderal (Setjen), dan KPU tidak bisa bekerja maksimal jika tidak didukung oleh masyarakat seluruh Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPU RI Arif Rahman Hakim mengungkapkan program pengembangan komunitas peduli pemilu dan demokrasi ini adalah program unggulan dalam pendidikan pemilih dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu dan pilkada, serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi.

“Selama ini, komunitas yang fokus pada isu demokrasi masih terpusat di Jakarta, sehingga masih ada ketimpangan berdemokrasi di daerah. Untuk itu, KPU berupaya mewujudkan komunitas ini secara sukarela, dengan harapan dapat menularkan dan menyebarluaskan semangat untuk berpartisipasi dalam pemilu,” ujar Arif dalam paparan selayang pandang program pengembangan komunitas peduli pemilu dan demokrasi.

Sementara itu, Kepala Biro Teknis dan Hupmas KPU RI Nur Syarifah menjelaskan pengembangan komunitas peduli pemilu dan demokrasi ini dilatarbelakangi pengembangan relawan demokrasi yang mampu meningkatkan tingkat partisipasi pemilu 2014. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tingkat partisipasi pemilih 77,5 persen, untuk itu KPU menyiapkan program unggulan ini.

“Jambore ini selain menjalin silaturahmi dan mempertemukan komunitas yang telah terbentuk di masing-masing provinsi, juga untuk meningkatkan kompetensi komunitas. Outputnya diharapkan dapat menyamakan persepsi, visi, dan misi ke depan, menyimpulkan simpul keberadaan komunitas ini, dan terlaksananya program pendidikan pemilih dalma peningkatan partisipasi masyarakat,” tutur Nur Syarifah. (Sumber : kpu.go.id/Red)

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close