Jakarta

Hima Persis Gandeng KNTI Dorong Kemajuan Kemaritiman Indonesia

JAKARTA – Pimpinan Pusat Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (PP Hima Persis) gandeng Dewan Pimpinan Pusat Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (DPP KNTI) untuk mendorong kemaritiman indonesia ke arah yang lebih baik.

Hima Persis dan KNTI menggelar dialog pada selasa, 9 agustus 2022 di kantor DPP KNTI dalam rangka bertukar pikiran dan gagasan kemaritiman.

Ketua Umum Hima Persis, Ilham Nur Hidayatullah menyampaikan, dalam kepemimpinan nya mengusung tiga transformasi yakni trasformasi ekonomi, tranformasi organisasi, dan transformasi digital.

“Tiga pilar ini akan menjadi dasar pijakan bagi pengurusnya dalam menyusun program kerja kedepan termasuk di dalam bidang kemaritiman”, ujar Ilham.

Hima Persis Gandeng KNTI Dorong Kemajuan Kemaritiman Indonesia
Hima Persis Gandeng KNTI Dorong Kemajuan Kemaritiman Indonesia

Ketua Bidang Kemaritiman PP Hima Persis, Tomi Yandra mengatakan, di dalam dialog tersebut berbagai isu kemaritiman yang pihak nya bicarakn mulai dari BPJS ketenaga kerjaan yang belum menyentuh para melayan tradisional secara merata, BBM Subsidi yang tidak tepat sasaran dan alokasi kuota BBM subsidi tidak memadai.

Yang lebih kerusial menyoal beberapa desa maritim di Indonesia tercatat sebagai desa yang tingkat kemiskinan nya tinggi bahkan mencapai tingkatan kemiskinan ekstream.

“Ini merupakan persoalan yang harus mampu di jawab dan di benah oleh pemangku kebijakan yang mana kemaritiman adalah wajah dan beranda indonesia sebagai negara kepulauan”, ujar tomi.

Pihakn nya juga mencanangkan beberapa program yang nantinya akan berkolaborasi dengan berbagai pihak salah satunya KNTI sebagai organisasi yang berbasis pada nelayan-nelayan tradisional dari mulai sektor pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

Diantaranya Madrasah maritim yang mana program tersebut sebagai laboraturium peningkatan kapasitas SDM generasi mudan khusus nya di bidang maritim hal ini sejalan dengan program yang dicanangkan oleh KNTI yakni sekolah nelayan.

Dalam konsepsi madrasah maritim ini juga menitik beratkan kepada prespektif Islam dalam memandang kemaritiman, karena di Al-Quran sendiri ada 32 ayat yang menyebut kata lautan, tentu ini menjadi hal yang perlu pihak ny cermati sebagai organisasi keislaman.

“Rentetan sejarah peradaban maritim indonesia pernah berjaya, oleh karnanya hegemoni kemaritiman harus ditingkatkan dan di optimalkan, melalui program ini nantinya akan mencetak kader-kader maritim”, ujarnya lagi.

Selanjutnya dialog tersebut juga menghasilkan canangan program Kampung Iklim Maritim dan ini juga sejalan dengan program yang di canangka oleh pp hima persis yakni Pro Klim yang mana nantinya akan bersama-sama mengadvokasi beberapa desa maritim.

“Sebagai anak bangsa yang menyadari atas kewajiban nya untuk ikut berkontribusi memajukan negara tentunya dalam hal ini kami serius dalam meperhatikan dan mendorong agar kemaritiman indonesia dapat beranjak ke arah yang lebih baik”, tutup tomi.

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close