Natuna

Lanud Raden Sadjad Gelar Latihan Pemadam Kebakaran

Crash Team

NATUNA – Dalam rangka program kerja Lanud Raden Sadjad TA. 2022, Subsi Base Rescue Dinas Operasi Lanud Raden Sadjad yang bertugas dalam bidang pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran(PK)/Crash Team menggelar latihan pemadaman kebakaran, di Lanud Raden Sadjad, Ranai Natuna, Kamis(9/6/2022).

Komandan Lanud Raden Sadjad Kolonel Pnb Jajang Setiawan, S.M., M.Han., PSC(J)., dalam pengarahannya menyampaikan bahwa, Latihan ini bertujuan untuk menguji dan memelihara kemampuan personel PK/Crash Team Lanud Raden Sadjad dalam menghadapi kecelakaan pesawat, kebakaran lahan dan perkantoran hingga pemukiman warga Lanud serta warga sekitar Lanud Raden Sadjad.

“Berlatihlah dengan sungguh-sungguh, semua ini adalah tanggung jawab kita bersama dan latihan ini sebagai kesiapan kita, apabila terjadi yang tidak kita harapkan kita sudah siap,” tegasnya.

Komandan Lanud Raden Sadjad juga berharap, Semoga latihan kali ini mendapat lindungan dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa serta menjadi insan-insan TNI Angkatan Udara yang bekerja dengan profesional, bekerja keras, ikhlas dan cerdas.

Crash Team
Crash Team

 

Latihan tersebut disimulasikan pesawat TNI AU jenis Boeing AI-737 dengan rute Lanud Soewondo – Lanud Raden Sadjad mengalami kejadian tidak terduga pada saat pendaratan penggerak pada roda pesawat terjadi masalah.

Kemudian pesawat terperosok ke luar dari runway 36 sebelah timur dan salah satu sayapnya mengeluarkan kepulan asap hitam disusul dengan munculnya api, salah satu mesin pesawat, tepatnya sebelah kanan terbakar. Kadisops Lanud Raden Sadjad melaporkan kepada Komandan Lanud Raden Sadjad bahwa pesawat sedang mengalami accident dan selanjutnya memerintahkan petugas PK/ Crash Team yang stand by segera bergerak menuju ke tempat kejadian.

Setelah mendapat perintah, dengan cepat dan sigap personel PK/Crash Team Lanud Raden Sadjad melakukan pemadaman api di pesawat, sehingga api dapat dipadamkan dengan aman dan terkendali, dan tim kesehatan RSAU Lanud Raden Sadjad segera menyelamatkan dan memberikan pertolongan kepada para korban jiwa.

Sementara itu, Personel Satpomau dan Intelpam Lanud Raden Sadjad melaksanakan pengamanan dan sterilisasi serta mengisolasi lokasi serta memberikan police line untuk tidakkan lebih lanjut. Dalam latihan tersebut berjalan aman dan lancar baik personel maupun materil.

(Mhd. Amin)

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close