Kampus

Produktivitas Sebagai Mahasiswa/mahasiswi Di Masa Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 di Indonesia telah berjalan hampir 2 tahun lamanya. Hingga sampai saat ini masih belum berakhir. Sejak munculnya Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang menyebar diseluruh Indonesia, sangat berdampak pada system Pendidikan di Indonesia. Perkuliahan daring atau online menjadi keputusan yang dianggap tepat untuk mengurangi dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Mahasiswa/mahasiswi yang berada di Indonesia terpaksa menuntut ilmu serba online, mulai dari pendaftaran dan penerimaan Mahasiswa/mahasiswi baru, Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), hingga kuliah dilaksakan juga secara online. Hal ini dilakukan agar pembelajaran tetap berjalan dimasa pandemi. Keputusan perkuliahan daring atau online menjadi permasalahan, Hal ini tergantung bagaimana Mahasiswa/mahasiswi menyikapi keputusan perkuliahan online tersebut.



Seperti yang kita ketahui, Mahasiswa/mahasiswi harus membiasakan diri untuk berhadapan dengan teknologi seperti layar handphone/laptop yang dapat  membantu dalam proses pembelajaran. Proses belajar mengajar dilakukan dengan menggunakan aplikasi Zoom, Google Meet, Google Classroom, Edmodo dan masih banyak lagi aplikasi yang digunakan.

Beberapa Mahasiswa/mahasiswi baru merasa kehilangan moment menjadi Mahasiswa/mahasiswi baru, yang seharusnya belajar di dalam kelas duduk dibangku perkuliahan tetapi malah duduk dirumah dengan memandangi layar handphone/laptop setiap hari yang membuat Mahasiswa/mahasiswi kemungkinan bisa stresss, yang biasanya kerja kelompok secara langsung kerena pandemi jadi kerja kelompok secara online, dan harus membatasi interaksi terhadap teman maupun dosen,

Meskipun, pastinya banyak sekali yang merasa bosan dengan situasi seperti ini, karena tidak bisa beraktifitas secara langsung atau diluar seperti sebelumnya. Walaupun tetap berada dirumah, banyak hal yang dapat dilakukan, waktu luang yang ada bisa dipergunakan untuk hal-hal yang bernilai manfaat, seperti :



  1. Semangat Mengerjakan Tugas dan Mengikuti Perkuliahan Secara Online
    Walaupun seluruh pembelajaran dilakukan secara online, bukan berarti kita sebagai Mahasiswa/mahasiswi bisa bermalas-malasan melakukannya. Dengan pembelajaran virtual/daring ini seharusnya dapat membuat Mahasiswa/mahasiswi semangat, karna banyak sekali yang bisa kita lakukan.Misalnya, mengerjakan tugas yang diberi oleh dosen sambil mencari tempat ternyaman untuk membuat tugas seperti caffe, sambil mendengarkan musik, dan menikmati cemilan. Sebelum mengerjakan tugas, sebaiknya kita dapat mengatur jadwal dan waktu. Karena selain dapat mengontrol kegiatan juga supaya tidak bentrok kedepannya. Usahakan mengerjakan tugas yang mudah agar cepat selesai
    .
  2. Mengikuti Seminar Online (Webinar)
    Karena terjadinya wabah COVID-19, jika pembelajaran daring dilakukan hanya pada saat kelas berlangsung saja akan terasa bosan bukan? Maka pihak kampus, prodi atau institusi lain mengadakan seminar online yang dapat diikuti oleh siapa saja. Seminar Online adalah kegiatan seminar yang dijalankan melalui internet. Peserta dapat berpartisipasi dalam seminar dengan menggunakan handphone/laptop dimana saja, sehingga batasan jarak tidak menjadi hambatan.Dengan kita mengikuti seminar online ini kita dapat berdiskusi langsung dengan ahlinya, menghemat waktu dan biaya, menambah pengetahuan yang mungkin belum kita ketahui, menambah wawasan, menambah pengalaman, dan mendapatkan teman baru. Tidak hanya itu, dari seminar online juga kita diberikan sertifikat. Untuk seminar online ini gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun, paling tidak hanya memenuhi persyaratan pendaftaran saja
  3. Mengikuti Lomba Online
    Di masa pandemi seperti ini, agar kita tetap semangat sebaiknya kita berpartisipasi dengan mengikuti lomba yang di laksanakan secara online. Banyak sekali pamflet yang tersebar di social media mengenai lomba online yang bermacam-macam jenis. Mengenai pendaftaran ada yang berbayar dan bahkan banyak sekali yang tidak dipungut biaya sepeserpun.Nah walaupun di laksanakan secara online, produktivitas sebagai Mahasiswa/mahasiswi dalam mengikuti lomba online juga dapat meningkatkan semangat juang para Mahasiwa/mahasiswi sekalian. Dengan mengikuti lomba online ini kita dapat mengasah kemampuan, menambah pengalaman, memperluas jaringan dan bahkan jika beruntung dapat memperoleh serifikat, piala, uang tambahan yang dapat bermanfaat ke depannya.
  4. Mencoba Sesuatu Yang Baru
    Memanfaatkan adanya waktu luang, dengan fleksibilitas system perkuliahan daring, harusnya mampu memfasilitasi potensi Mahasiswa/mahasiswi untuk lebih kreatif dan inovatif. Hal ini dapat diwujudkan dengan berani mencoba hal baru.Mencoba hal baru bisa dimulai dengan yang sederhana dan menyenangkan bila kita melakukannya. Contoh membuat konten digital insipiratif (Youtube/ Tiktok/ Instagram,), jika menyukai hal memasak bisa kita ambil contohnya seperti tutorial membuat Spaghetti. Jika menyukai karya yang dibuat dengan tangan bisa kita ambil contohnya tutorial membuat konektor masker, tutorial membuat bouquet snack untuk hadiah ulang tahun. Kemudian dipraktekkan dan dijadikan konten di social media yang di miliki.

    Pastinya hal tersebut akan menjadi pengalaman baru dan juga berpotensi untuk menjadi ladang mendapatkan penghasilan dari mencoba hal baru tersebut. Karena jika kita melakukan sesuatu yang baru lalu berhasil dan hasilnya membuat orang tertarik maka bisa di promosikan di akun social media.

    Selain itu, mencoba hal baru tersebut dapat mengasah kreativitas dan produktivitas Mahasiswa/mahasiswi semakin berkembang kedepannya, sehingga dapat meningkatkan inovasi produk yag akan di pasarkan. Tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan menjadi bisnis yang menjanjikan.

    Nah sebagai Mahasiswa/mahasiswi harus selalu berani mencoba hal baru, bukan malah takut. Takut untuk mencoba karna kalau kita tidak mencoba kita tidak akan tau hasilnya. Karena dengan mencoba, setidaknya akan terbuka kesempatan selajutnya.

Dari keempat aktivitas diatas, masih banyak lagi aktivitas yang dapat dilakukan Mahasiswa/mahasiswi untuk tetap menjaga dan meningkatkan produktivitas dimasa pandemi. Menjadi Mahasiswa/mahasiswi adalah hal yang sudah kita pilih dan inginkan. Terus belajar dan mencoba hal baru dan mengasah kemampuan harusnya menjadi kewajiban kita sebagai Mahasiswa/mahasiswi. Dengan tidak menghabiskan waktu luang hanya sekedar rebahan akan menjadikan diri kita terbiasa dengan kesibukan yang ada.



Penulis:

Dewi Sri Mulyani Sugeng
Mahasiswi Pendidikan Biologi  Universitas Maritim Raja Ali Haji

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close