PendidikanPoliteknik Negeri Batam

Polibatam Menorehkan Prestasi dalam KMIPN ke-III

Lihatkepri.com, Batam – Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Batam kembali menorehkan prestasi yang luar biasa dalam Kompetisi Mahasiswa bidang Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) ke-3 tahun 2021 yang digelar di Politeknik Negeri Malang (Polinema) pada 22-24 Juni 2021 secara daring.

KIGAMES

Prestasi yang diperoleh yaitu Juara I KMIPN kategori Game Development, Juara II KMIPN kategori Animasi, dan Juara II KMIPN kategori Keamanan Jaringan.

  • Juara I kategori Game Development diperoleh oleh tim KIGAMES dengan judul game IDLE BREEDER yang beranggotakan mahasiswa Prodi Teknik Multimedia dan Jaringan yaitu James, Sultan Ilyas Arsalillah dan, Steven dengan dosen pembimbing Agung Riyadi, S.Si., M.Kom.
  • Juara II kategori Animasi diperoleh oleh tim HOLO dengan judul animasi Holo Terra yang beranggotakan mahasiswa prodi Animasi yaitu Timothy Ronaldy, Yogi Ilhami, Muhammad Farabi dengan dosen pembimbing Ahmad Saropi.
  • Juara II kategori Keamanan Jaringan diperoleh oleh tim Si Spera Vincere yang beranggotakan mahasiswa prodi Rekayasa Keamanan Siber yaitu Jean Tirstan Tambunan, Joy Gilbert Arapenta, dan Josep Lois Castilo Gultom dengan dosen pembimbing Nelmiawati, B.CS., M.Comp.Sc.
HOLO

Ketua Jurusan Teknik Informatika, Sudra Irawan, S.Pd.Si., M.Sc. mengatakan bahwa produk atau karya yang diikutkan dalam lomba KMIPN ini merupakan hasil perkuliahan yang dilakukan dengan menggunakan metode Project/Product/Problem Based Learning (PBL).

“Jadi kami di Politeknik Negeri Batam sudah mengintegrasikan berbagai aktivitas dosen dan mahasiswa seperti penelitian, perlombaan, pengabdian, dan aktivitas kemahasiswaan lainnya ke dalam pembelajaran atau perkuliahan,”ujarnya.

Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Dr. Muhammad Zaenuddin, S.Si., M.Sc, mengatakan bahwa ini prestasi yang luar biasa.

“Saya mengucapkan selamat kepada para mahasiswa, dosen pembimbing, jurusan dan prodi, serta semua yang terlibat membantu. Tahun depan 2022 kita diberikan amanah sebagai tuan rumah ajang bergengsi KMIPN ini, semoga dapat diberikan dua kesuksesan yaitu sukses sebagai peserta (memperoleh prestasi) dan sukses dari segi penyelenggaraan,” ujarnya.

KMIPN merupakan event/kegiatan tahunan terbesar dan bergengsi di dunia vokasi Indonesia, tahun ini bertema “Membangun SDM Unggul Melalui Inovasi dan Kreativitas di Bidang Informatika”. Event KMIPN 2021 ini terdiri dari perlombaan di bidang TIK yang akan memunculkan inovasi-inovasi terbaru dari para mahasiswa Politeknik.

“Antusias mahasiswa sangat tinggi untuk mengikuti kegiatan KMIPN 2021  hal ini dibuktikan dengan jumlah peserta sebanyak 1533 mahasiswa dari 27 Politeknik se-Indoensia baik negeri maupun swasta,” ujarnya

Ada 501 tim yang berpartispasi dengan 8 kategori yaitu IoT, Game development, keamanan jaringan, animasi, hackathon, ebusiness, cipta inovasi dan e-government. Kemudian diseleksi sesuai dengan tahapan-masing kategori sehingga dihasilkan 107 tim yang akan lolos babak final.

“Politeknik Negeri Batam diwakili  oleh 7 finalis dengan kategori Internet of Things sebanyak 2 tim, Keamanan jaringan 2 tim, Game development 1 tim, animasi 1 tim, dan Cipta inovasi 1 tim,” ujarnya

Selain dari juara tersebut, poin atau nilai tambah dari lomba KMIPN ini adalah mahasiswa yang mengikuti kompetisi tesebut merupakan mahasiwa yang masih duduk di semester 2 dan 4. Hal ini juga menjadi bukti bahwa mahasiswa-mahasiswa yang kuliah di Polibatam merupakan mahasiswa-mahasiswa unggulan.

“Kegiatan KMIPN diharapkan dapat menciptakan SDM yang unggul di bidang Informatika dan sebagai bentuk dukungan dan kontribusi mahasiswa terhadap program pemerintah untuk mewujudkan kampus merdeka belajar khsususnya di bidang Informatika,” ujarnya

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close