Uncategorized

Memperkuat Pembinaan Generasi Muda, HMI Komisariat Unrika Gelar Maperca

Lihatkepri.com, Batam – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Universitas Riau Kepulauan mengadakan Dialog Kemahasiswaan sempena Masa Perkenalan Calon Anggota (Maperca) dengan tema ‘Menakar Sinergitas Perguruan Tinggi dan Organisasi Kemahasiswaan Dalam Pembinaan Kader-Kader Pemimpin Bangsa’, Jum’at (14/10/2016) di Aula Mini Kampus Universitas Riau Kepulauan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor I Universitas Riau Kepulauan Ade P. Nasution, SE., M.Si. Hadir juga sebagai narasumber yakni Staf Khusus Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Dr. Ahars Sulaiman, SH., M.Hum., Komisioner KIP Provinsi Kepulauan Riau Jazuli, ST. MM., dan Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau kepulauan Amrullah Rasal, S.Sos., MM., yang ketiganya merupakan alumni Himpunan Mahasiswa Islam. Turut mendukung hadir juga beberapa dosen di Universitas Riau Kepulauan yang juga alumni Himpunan Mahasiswa Islam yakni Syailendra Reza, S.Sos., M.I.Kom, Tubagus Pamungkas, S.Si. Serta Mantan Ketua Umum HMI Cabang Batam yang juga alumni Unrika Yusnan Lubis, ST.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I Universitas Riau Kepulauan Ade P. Nasution mengatakan bahwa urgensi keberadaan Organisasi Mahasiswa di lingkungan Perguruan Tinggi adalah sebagai partner Perguruan Tinggi dalam membina potensi-potensi mahasiswa di bidang non akademik dan untuk mengasah kemampuan soft skill mahasiswa yang notabene akan menjadi pemimpin di masa depan.

“Saat ini saya bisa pastikan bahwa Universitas Riau Kepulauan menjamin penuh kebebasan berorganisasi kepada setiap mahasiswanya, saya bisa mengatakan seperti itu sebab kami menyadari bahwa organisasi mahasiswa banyak memberikan manfaat dan saya merasakannya hingga saat ini, karena semasa saya menjadi mahasiswa, saya dibesarkan dan dibina oleh Himpunan Mahasiswa Islam,” ujar mantan anggota KPU Batam tersebut yang juga sedang menempuh program Doktor Management di UTHM Malaysia.

Dr. Ahars Sulaiman, SH. M.Hum pada kesempatannya memberikan materi menyampaikan bahwa penting bagi setiap aktivis khususnya anggota Himpunan Mahasiswa Islam untuk terus mengasah kemampuan intelektualnya dan menempa diri sebagai karakter calon pemimpin bangsa yang anti korupsi.

“Jika perlu, di setiap training HMI ditambahkan materi anti korupsi” tegas salah satu calon wakil gubernur Provinsi Kepulauan Riau tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Universitas Riau Kepulauan menyampaikan bahwa latar belakang diadakannya kegiatan ini selain kebutuhan untuk merekrut anggota baru, juga karena misi kami untuk memperkuat basis-basis dan jaringan intelektual aktivis di Universitas Riau Kepulauan serta untuk menghadirkan persepsi yang benar sedari awal dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) kepada mahasiswa baru.

“Kedepannya secara bertahap akan kami usahakan agar berdiri setiap komisariat HMI di setiap fakultas di Universitas Riau Kepulauan” ujar mahasiswa Teknik Sipil Unrika tersebut.

Kegiatan tersebut dihadiri mahasiswa Universitas Riau Kepulauan yang berasal dari setiap fakultas di Unrika dan kegiatan ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari peserta yang pada sesi dialog hingga selesainya kegiatan terjadi interaksi positif antara narasumber dan peserta yang akan segera mengikuti Latihan Kader I HMI pasca kegiatan ini.

 

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close