Uncategorized

KKN Kebangsaan Desa Tulang Kabupaten Karimun Prioritaskan Pemberdayaan

Lihatkepri.com, Karimun – Desa Tulang merupakan salah satu desa lokasi KKNK (Kuliah Kerja Nyata Kebangsaan) yang berada di Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan mahasiswa ini telah dimulai sejak tanggal 25 Juli hingga 25 Agustus 2016.

Masyarakat di Desa Tulang adalah masyarakat yang diharapkan oleh banyak pihak untuk dapat mengembangkan potensi wisata yang dimilikinya, Sebagian besar daerah di desa Tulang masuk dalam wilayah kawasan potensi wisata, salah satunya adalah pantai pasir putih.

Tim KKN Kebangsaan desa Tulang yang terdiri dari berbagai Universitas di desa Tulang ini, berkomitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat dengan berbagai program-program.

“Sasaran utama dari kegiatan ini adalah masyarakat di desa Tulang khususnya anak-anak sebagai generasi penerus. Kegiatan tersebut meliputi pemberian materi kewisataan, pengenalan budaya serta bahasa-bahasa asing, inventarisasi potensi wisata, serta program-program lain yang bersifat pemberdayaan masyarakat,” ujar Andi Kustanto, Mahasiswa KKNK dari Universitas Sultan Agung Tirtayasa (UNTIRTA).

Senada dengan Andy, Muhammad Gunadharma, seorang mahasiswa KKNK Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menyambungkan adanya partisipasi langsung dari masyarakat merupakan kunci utama dalam menjalamkan program-program ini.

“Sebab masyarakat merupakan subjek dan sekaligus objek dalam upaya meningkatkan potensi wisata di desa Tulang ini,” ujar Andy.

Lanjut Dharma, saat ditemui di desa Tulang mengatakan bahwa hasil daripada wisata desa Tulang dapat dirasakan oleh masyarakat itu sendiri.

 

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close