Segenap Warga SMPN 5 Bintan Deklarasikan Penggunaan Internet Sehat

Lihatkepri.com, Bintan – Pengguna Internet saat ini bukan hanya terbatas bagi kalangan orang dewasa saja, namun sudah menyebar disemua kalangan tidak terkecuali bagi pelajar. Pelajar memanfaatkan internet bukan hanya untuk membantu mengerjakan berbagai tugas-tugas sekolah, tetapi juga untuk mengekspresikan diri melalui berbagai media social seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, dan berbagai media social lainya.

Internet Sehat bagi Pelajar

Penggunaan internet yang salah berpotensi akan mendatangkan berbagai akibat seperti salah pergaulan disebabkan oleh pertemanan yang tidak terbatas dan bahkan dapat berujung ke jeruji besi.

Untuk itu maka Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Maritim Raja Ali Haji yang diketua Imam Yudhi Prastya, MPA dan beranggotakan Dr. Adji Suradji Muhammad, M.Si, Edo Lorenza dan Alga Mahardika memberikan sosialisasi “Internet Sehat bagi Pelajar” di SMPN 5 Bintan Kecamatan Gunung Kijang, Kawal.

Dalam sosialisasi tersebut Tim mengingatkan bahaya penggunaan internet apabila tidak diimbangi dengan beberapa pembatasan. Diantara pembatasan yang harus diperhatikan antara lain:

  1. Tidak terlalu mengekspos kehidupan pribadi. Ekspose yang berlebihan terhadap kehidupan pribadi dapat menjadi pintu masuk bagi mereka yang ingin memanfaatkan kita, oleh karenanya perlu dibatasi dalam melakukan ekspose kehidupan pribadi.
  2. Melakukan pembatasan waktu dalam berinternet. Bijak dalam memafaatkan waktu dalam berselancar di dunia maya akan menghindarkan kita dari hal-hal yang menjerumuskan.
  3. Hindari menggunakan VPN. VPN adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara pribadi (private) tanpa melalui jaringan publik (internet).
  4. Berpikirlah dulu sebelum memposting. Berpikir ulang serta membaca ulang postingan yang akan kita kirim akan meminimalisir hal-hal yang dapat membuat orang tersinggung dan sakit hati.

Menyadari akan pentingnya penggunaan internet secara sehat, maka seluruh civitas SMPN 5 sepakat untuk mendeklarasikan “Penggunaan Internet Sehat” pada hari Sabtu tangga 21 September 2019 di halaman sekolah SMPN 5 Bintan.

Penandatanganan deklarasi ini dimulai oleh Kepala Sekolah SMPN 5 Bintan Bapak Elnui, M.Pd diikuti oleh guru-guru dan seluruh siswa-siswi

Kepala Sekolah, Elnui, M.Pd memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kepedulian Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Maritim Raja Ali Haji yang telah menjadikan SMPN 5 Bintan sebagai sekolah binaan khususnya dalam bidang IT (Informasi dan Teknologi).

“Saya berharap SMPN 5 Bintan dapat menjadi “Smart School” dan menjadi percontohan bagi sekolah-sekolah disekitar,” ujarnya.

Silahkan Download
Baca Juga Informasi Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: