Tanjungpinang

Ansar Ahmad Dukung Penuh Festival Sastra Internasional Gunung Bintan

TANJUNGPINANG – Pemerintah Daerah Kepri mendukung penuh acara Festival Sastra Internasional Gunung Bintan ( FSIGB ) 2022 yang akan diselenggarakan di Tanjungpinang, 25-26 September 2022 dan berharap agar FSIGB tetap menjadi event tahunan dan salah satu icon budaya Kepri sebagai implementasi dari visi dan misi Kepri sebagai Bunda Tanah Melayu.

Hal itu disampaikan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad kepada Datuk Seri Utama Rida K Liamsi selaku ketua dan penanggung jawab FSIGB 2022, dalam pertemuan mereka di Gedung Daerah belum lama ini. Karena itu Gubernur berjanji akan hadir dan akan membuka secara resmi FSIGB 2022 yang direncanakan diadakan di pelataran Gedung Daerah , tanggal 24 September malam, setelah didahului acara malam bersama antara Gubernur yang didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Kepri dengan para peserta FSIGB yang datang dari berbagai daerah di Indonesia dan dari beberapa negeri jiran.

Direncanakan pada acara pembukaan akan diluncurkan 6 buah buku, antara lain antologi puisi bersama Jazirah 11,12 dan 13,yang berisi puisi para peserta puisinya lolos kurasi yang berasal dari sekitar 400 penyair. Juga tiga buku sejarah, yaitu Penyengat Indrasakti dan jejak sejarahnya, Bintan dan jejak sejarahnya dan Lingga dan jejak sejarahnya.

Ansar Ahmad Dukung Penuh Festival Sastra Internasional Gunung Bintan
Festival Sastra Internasional Gunung Bintan

 

Selain itu juga akan diserahkan penghargaan budaya yaitu Anugerah Jembia Emas, penghargaan tahunan budaya yang sudah dilakukan sejak tahun 2016. Malam pembukaan ini juga akan diramaikan dengan acara baca puisi sejumlah penyair antara lain Presiden Penyair Indonesia Sutarji Calzoum Bachri, dan sejumlah penyair lain, antara lain dari Singapura , Malaysia dan dan beberapa daerah di Indonesia. Gubernur Ansar Ahnad juga menyatakan bersedia ikut membaca puisi.

FSIGB merupakan event sastra tahunan yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun propinsi Kepri yang jatuh tiap tanggal 24 September. Tahun ini FSIGB 2022 bertepatan dengan HUT Kepri ke 20. FSIGB sudah diadakan sejak tahun 2018.

FSIGB 2022 akan dimeriahkan dengan berbagai acara. Selain parade baca puisi oleh sekitar 140 penyair, juga adaseminar sastra, peluncuran bersama 100 buku puisi karya para penyair peserta FSIGB. Ziarah budaya dan silaturahim dengan Walikota Tg Pinang , dengan Bupati Bintan dan lainnya

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close