Karimun

Desa Tanjung Kilang Masuk Daftar Penerima Program BSPS 2022

DURAI – Pemerintah Desa Tanjung Kilang kembali mengadakan musyawarah bersama masyarakat terkait penerimaa  BSPS tahun 2022 pada Rabu (18/05/2022) bertempat ruang rapat Kantor Desa Tanjung Kilang.

Untuk diketahui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kembali digulirkan Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun ini.

Desa Tanjung Kilang Masuk Daftar Penerima Program BSPS 2022
Proses Kelegkapan Administrasi penerima BSPS 2022

Program BSPS merupakan bantuan dari pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk mengurangi jumlah rumah tidak layak huni (RTLH) di Indonesia. Kriteria RTLH mencakup empat komponen hunian yang kondisinya di bawah standar seperti kondisi bangunan, kesehatan (sanitasi dan air bersih layak), serta luas rumah sesuai standar ruang gerak minimum penghuni.

Adapun untuk Desa Kilang terdapat sejumlah KK yang mendapatkan Program BSPS tahun 2022 ini yang mana penetapan penerima langsung di Provinsi.

“Berdasarkan lampiran pejabat pembuat keputusan komitmen rumah swadaya dan RUK Provinsi Kepulauan Riau. Satuan kerja penyediaan perumahan provinsi Kepulauan Riau tentang penerima bantuan stimulan perumahan swadaya berupa uang tahun anggaran 2022 Desa Tanjung Kilang Kecamatan Dura,  Kabupaten Karimun yaitu sebanyak 11 penerima yang tersebar di tiga Dusun”. ujar sekretaris desa Tanjung Kilang

Dalam Pasal 11 Peraturan Menteri (Permen PUPR) Nomor 17/PRT/M/2018 tentang Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya, berikut ini syarat yang dibutuhkan:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) sudah berkeluarga.
  • Memiliki tanah yang ditandai dengan bukti kepemilikan tanah yang sah.
  • Tinggal di rumah satu-satunya dalam kondisi tidak layak huni.
  • Belum pernah mendapatkan BSPS atau bantuan sejenis dalam 10 tahun terakhir.
  • Memiliki penghasilan paling banyak sebesar Upah Minimum Provinsi (UMP)/Upah Mininum Kabupaten/Kota (UMK).
  • Bersedia melaksanakan dengan berswadaya, berkelompok, dan tanggung renteng untuk menyelesaikan pembangunan rumah.
Desa Tanjung Kilang Masuk Daftar Penerima Program BSPS 2022
Dartar Penerima Program BSPS Desa Tanjung Kilang.

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close