Kolom Pembaca

Paradigma Mahasiswa

Paradigma Mahasiswa
Suharno Abdlsyarif
Mahasiswa STIE Cakrwala Karimun
Wakil Ketua 1 PMII Karimun

Sebelum melangkah dan memasuki dunia kemahasiswaan, seorang mahasiswa baru harus memahami tentang dirinya sebagai person dan makhluk sosial, dinamika kehidupan mahasiswa sebagai kaum terpelajar dan situasi dan kondisi bangsa sebagai bagian dan pelanjut bangsa ini.

Dalam dunia kemahasiswaan, akan terjadi dinamika dalam kampus dan kehidupan bermasyarakat. Hal ini tidak dapat dipisahkan karena posisi dan peran ganda seorang mahasiswa.  penumbuhan kesadaran terhadap nilai-nilai kebenaran dan tanggung jawab moral untuk mewujudkan kebenaran tersebut.

Bentuk paling ekstrim dari gerakan pembaharuan ala mahasiswa adalah demonstrasi dan militansi mahasiswa. Saya tak akan mengajak kawan-kawan membicarakan lagi tentang ciri-ciri dan fungsi dari mahasiswa,karena bagiku yang terpenting adalah memperkuat simpul dulu agar dapat menunjukkan eksistensi dan jati diri dari seorang mahasiswa.

Mahasiswa…. Sebuah kata indah menurut saya yang mengandung banyak arti, bahkan sudah banyak kalangan yang berusaha mengartikan kata tersebut, baik mahasiswa itu sendiri, praktisi pendidikan, para ahli maupun Pemerintah sendiri. Begitu banyaknya arti dari kata mahasiswa sehingga menimbulkan banyak pandangan dan hal tersebut adalah benar semua. Akan tetapi kadang kita terlupakan dari mana kata mahasiswa itu terbentuk.

Untuk itu kita harus tahu bahwa mahasiswa itu bukan hanya mengikuti dunia belajar saat pemaparan dosen didalam perkuliahan saja kita harus tahu unsur unsur sebuah nama  yang kita pikul .

Karna dalam jangka dunia perkuliahan selama 4 tahun itu sebuah perjalana yang sangat lama untuk kita jalankan. Jadi saya berpikir untuk saat ini kita mencoba dan berbuat untuk diri kita dan orang lain mengenai seorang pelajar yaitu mahasiswa.
Jangan kita cuma terlena dengan hal hal yang tidak bermanfaat mari kita belajar sosok sosok kaum intelktual. Sekian dan terima kasih moga bermanfaat..

Salam pegerakan .

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close