BintanKampus

Mahasiswa UMRAH Gelar Pelatihan Manajemen Administrasi Berbasis Digital di TBM Nusa Indah

Lolos Pendanaan PKM-PM

BINTAN – Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) berhasil lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKMPM) dan menyelenggarakan pelatihan manajemen administrasi berbasis digital di Taman Baca Masyarakat (TBM) Nusa Indah, Teluk Bakau. Tim ini diketuai oleh Ananda Geiskha Isral dengan anggota Reni Putri Octaviana, Fadya Puspita Ayu Fatimah, Ibnu Bimo Wahyu Fatullah, dan Manja Nurani.

Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) kembali menunjukkan kontribusi nyata bagi masyarakat melalui Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM).

Tim PKM-PM UMRAH mengungkapkan bahwa minat baca di Bintan, khususnya di daerah pesisir, masih sangat rendah. Akses ke perpustakaan sangat terbatas, hanya ada satu perpustakaan di Tanjungpinang yang jaraknya cukup jauh. Di daerah Bintan, terdapat beberapa TBM, salah satunya adalah TBM Nusa Indah yang kondisinya kurang tertata dengan baik karena belum adanya pelatihan dan inventarisasinya masih dilakukan secara manual. Untuk mengatasi masalah ini, tim PKM-PM UMRAH menawarkan pelatihan manajemen administrasi berbasis digital di TBM Nusa Indah. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pengelola TBM dalam menggunakan teknologi digital untuk administrasi yang lebih efektif dan efisien.

Pelatihan berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 06 dan 13 Juli 2024. Peserta pelatihan terdiri dari 10 orang, termasuk pengurus TBM Nusa Indah,Teluk Bakau. Pada hari pertama, peserta mendapat pengenalan tentang manajemen perpustakaan, yang disampaikan oleh Reni Putri Octaviana, seorang mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2020.

Dilanjutkan dengan materi selanjutnya terkait penggunaan Google Forms dan Spreadsheet yang disampaikan oleh Ananda Geiskha Isral, seorang mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2021. Hari kedua dimulai dengan materi tentang penerapan QR Code untuk peminjaman dan pengembalian buku yang dipandu oleh Ananda Geiskha Isral. Para peserta serta beberapa pengunjung TBM kemudian melakukan praktik dan simulasi penggunaan sistem digital dalam manajemen TBM. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab, diskusi dan foto bersama.

Mahasiswa UMRAH Gelar Pelatihan Manajemen Administrasi Berbasis Digital
Dokumentasi foto bersama hari pertama Tim PKM-PM UMRAH dengan pengelola TBM Nusa Indah Teluk Bakau (Foto: Dok/Dios Sarkity)


Dengan terlaksananya pelatihan ini, mahasiswa UMRAH berharap dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas dan keterampilan masyarakat, khususnya di TBM. Mereka juga berharap pelatihan ini dapat mempermudah pekerjaan pengelola TBM dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kegiatan ini diakhiri dengan penutupan oleh Ketua TBM Nusa Indah, Ibu Poniti, yang menyampaikan apresiasi dan harapan agar pelatihan serupa dapat terus dilakukan di masa mendatang.

Penulis: Fadya Puspita Ayu Fatimah

Tags
Show More
Kepriwebsite

101 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close