BintanKepulauan Riau

Disnakertrans Provinsi Kepri Lakukan Kick Off Pemagangan Tenaga Kerja Dalam Negeri di PT Bintan Alumina Indonesia (BAI)

Meningkatkan Kompetensi Tenaga Kerja Lokal Melalui Program Pemagangan

Bintan – Kick Off Program Pemagangan Tenaga Kerja Dalam Negeri di PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) secara resmi dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (03/10/2024).

Kick Off  Kegiatan dibuka oleh Drs. Adi Prihantara, M.M.selaku Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting, di antaranya Asisten Direktur PT BAI, Mr. Sui Meizhao, Anggota DPRD Provinsi Kepri, Dra. Hj. Dewi Kumalasari, M.Pd, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bintan, Suprapto, S.ST, Asisten II Setdakab Bintan, M. Panca Azdigoena, S.Sos, M.Si, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bintan, serta beberapa undangan lainnya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di perusahaan, terutama di PT BAI. Para peserta nantinya akan mendapatkan sertifikat dari perusahaan dan difasilitasi untuk mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan,” jelas Mangara M. Simarmata, selaku Kepala Disnakertrans Provinsi Kepri.

Dalam laporannya, Mangara menyampaikan bahwa program pemagangan ini digagas sebagai salah satu upaya mengurangi tingkat pengangguran di Kepulauan Riau, yang pada Februari 2024 tercatat sebesar 6,94%. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pengangguran di wilayah Kepri mencapai 74.780 orang dari total 1.078.170 angkatan kerja, dengan lulusan SMK mencatatkan angka pengangguran tertinggi.

Dengan latar belakang tersebut, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi berinisiatif melaksanakan program pemagangan guna membekali para pencari kerja dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh industri. Pemagangan juga memberikan pengalaman praktis di lapangan.

Program ini memberikan kesempatan kepada 30 peserta yang lolos seleksi untuk ditempatkan di berbagai posisi, antara lain sebagai operator di Departemen Alumina dan PLTU PT BAI.

“Para peserta juga akan mendapatkan berbagai fasilitas, termasuk uang saku, makan siang, BPJS Ketenagakerjaan, seragam, dan perlengkapan kerja,” tambah Mangara.

Selain itu, peserta pemagangan akan dilatih dan dievaluasi dengan target kelulusan 100%, serta diharapkan 90% dari lulusan pemagangan dapat diserap langsung oleh perusahaan. Pemerintah Provinsi terus mengambil langkah-langkah strategis untuk mengurangi pengangguran dan menambah program-program pelatihan tenaga kerja.

“Dari data 676 pelamar, hanya 30 yang masuk program magang. Ini menunjukkan bahwa masih banyak pencari kerja di luar sana yang belum mendapatkan kesempatan magang di PT BAI. Ke depan, kegiatan seperti ini harus ditingkatkan,” harap Dewi Kumalasari dalam sambutannya.

Ke depan, PT BAI diperkirakan membutuhkan kurang lebih 20.000 tenaga kerja, sementara saat ini baru sekitar 700 orang yang dipekerjakan, sehingga masih terbuka peluang besar bagi masyarakat Provinsi Kepri untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

Kegiatan ini berjalan berkat kerja sama berbagai pihak, termasuk Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) Provinsi Kepulauan Riau, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten/Kota, dan BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, PT BAI sebagai penyedia lapangan pemagangan memberikan kontribusi signifikan dalam mendukung keberlangsungan program ini.

“Pelaksanaan pemagangan di PT BAI ini merupakan yang pertama kali dilakukan dengan menggunakan APBD Provinsi Kepulauan Riau. Diharapkan, kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar serta mampu memberikan kontribusi signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.”,pesan Adi Prihantara dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan pemagangan tersebut.

Diharapkan dengan adanya program ini, kualitas SDM di Kepulauan Riau semakin meningkat dan mampu memenuhi kebutuhan tenaga kerja industri, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di wilayah ini.

Program pemagangan ini akan berlangsung selama tiga bulan, mulai 1 September hingga 30 November 2024, dengan penempatan kerja langsung di PT BAI.

Tags
Show More
Kepriwebsite

35 Comments

  1. Ивенты на площадках порадуют вам положительные чувства. Посещение выставок открывают возможность погрузиться. Театральные постановки в расслабленной обстановке дают возможность раскрыться. Бронируйте для веселых ивентов с легкостью!
    Купить билеты в театр быстро и без очередей

  2. Excellent items from you, man. I have take into account your stuff prior to and you are just too fantastic. I actually like what you’ve obtained right here, really like what you’re stating and the best way in which you are saying it. You are making it entertaining and you still care for to stay it smart. I can’t wait to read much more from you. This is really a wonderful web site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close