Banten

Kenapa Pramugari dan Pramugara Harus Bisa Berenang?

TANGGERANG – Anak-anak muda pasti punya cita-cita menjadi pramugari atau pramugara, profesi yang menyenangkan dan menarik karena bisa menjelajahi tempat baru. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa profesi ini menuntut keterampilan khusus, salah satunya ialah berenang.

Berenang merupakan bagian pelatihan yang diberikan oleh Lion Group Training Center (LGTC) kepada calon pramugari dan pramugara. LGTC adalah pusat pelatihan yang berada di bawah naungan Lion Group, dilengkapi dengan fasilitas belajar berstandar internasional, pengajar profesional dan lingkungan yang nyaman, aman dan terjamin.

Mengapa berenang menjadi keterampilan penting yang harus dimiliki pramugari dan pramugara?

  • Dalam situasi darurat yang mengharuskan pesawat mendarat di air, pramugari dan pramugara harus bisa berenang untuk proses evakuasi. Mereka harus menguasai teknik bertahan hidup di air, seperti menggunakan pelampung, keluar dari pesawat, menyelamatkan penumpang, menggunakan perahu karet dan lainnya.
  • Pramugari dan pramugara harus memiliki tubuh yang sehat dan bugar untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka di udara. Berenang adalah salah satu olahraga yang baik untuk melatih otot, paru-paru, jantung, dan sistem kekebalan tubuh. Berenang juga bisa mengurangi stres dan meningkatkan mood.

LGTC memberikan pelatihan berenang yang komprehensif dan berkualitas kepada calon pramugari dan pramugara. Pelatihan ini meliputi teori dan praktek berenang. Pelatihan ini juga dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan dan keselamatan yang ketat. Di penerbangan, keterampilan berenang disebut Wet drill berarti latihan bertahan hidup di air yang diberikan kepada pramugari dan pramugara, sebagai salah satu syarat untuk menjadi awak kabin. Wet drill meliputi teori dan praktek berenang, menggunakan pelampung, keluar dari pesawat, menyelamatkan penumpang, dan menggunakan alat pemancar sinyal darurat.

Corporate Communications Strategic of Lion Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan bahwa LGTC memiliki fasilitas untuk wet drill seperti kolam renang berukuran besar serta peralatan pendukung  untuk melakukan pelatihan penyelamatan di air seperti life raft, survival kit dan lifevest.

“Sebelum praktek wett drill lakukan para instruktur handal akan memberikan materi di ruang kelas, memperlihatkan perlengkapan/ survival kit yang terdapat di life raft, posisi penyelamatan di air, dan cara cara bertahan hidup diair. Ruangan ganti dan bilas pun tersedia untuk kenyaman para peserta training. LGTC menjamin bahwa pelatihan wet drill yang diberikan kepada calon pramugari dan pramugara sebagai pelatihan berkualitas sesuai standar internasional,” ujar Danang Mandala Prihantoro

LGTC berkomitmen untuk menghasilkan lulusan pramugari dan pramugara profesional, kompeten dan siap bekerja di dunia penerbangan. Keterampilan berenang ini dibutuhkan oleh pramugari dan pramugara agar bisa memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang dengan menjaga kenyamanan, keselamatan penumpang dan diri mereka sendiri.

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close