PendidikanTanjungpinang

Encik Terpilih Ketua Dewan Pendidikan Kepri

TANJUNGPINANG – Dewan Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau (DP Kepri) masa bakti 2024-2029 sudah terbentuk. Menyusul keluarnya pengumuman Hasil Seleksi Akhir Panitia Seleksi DP Kepri Nomor: 007/Pansel-DP/XII/2023 tertanggal 29 Desember 2023.

Pada pertemuan perdana DP Kepri yang diadakan, Jumat malam (29/12), di hotel CK Tanjungpinang,  terpilih sebagai Ketua DP Kepri, Dr.Encik Abdul Hajar, MM. Perjumpaan pertama DP Kepri difasilitasi Kadis Pendidikan Kepri yang diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan Kepri, Dr. Darson, M.Si.

“Alhamdulillah Tim Seleksi (Timsel) DP Kepri sudah berhasil melaksanakan tugasnya dalam melakukan proses penyaringan warga terbaik Kepri untuk berkidmat di DP Kepri,” ujarnya.

Menurut Darson, seleksi DP Kepri sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Hadir pada acara diskusi sekaligus perkenalan sesama anggota DP Kepri, Ketua Timsel Drs.H.Nazaruddin, MH. Sedangkan dari DP Kepri yang hadir delapan orang, satu orang H.Ahmad Jalili tidak hadir karena sedang mengikuti ujian doktoral di UIN Jambi.

Menurut Nazaruddin, proses seleksi dilakukan sejak awal Desember 2023. Saat pendaftaran terdapat 39 orang masyarakat yang ikut. Namun dua orang dinyatakan tidak lolos penelitian administrasi, sehingga yang turut tahap presentasi dan wawancara berjumlah 37 orang.

“Setelah dilakukan presentasi dan wawancara maka dihasilkan 11 orang calon anggota DP Kepri. Dan setelah diteliti lagi dan berkoordinasi dengan Gubernur Kepri, maka ditetapkan lah sebanyak sembilan (9) orang anggota DP Kepri periode 2024-2029.  Bapak dan Ibu ini adalah putra terbaik Kepri yang diharapkan dapat memajukan mutu Pendidikan di daerah ini,” ujar Nazar yang juga Staf Khusus Gubernur Kepri itu.

Proses pemilihan Ketua DP Kepri diawali pengantar oleh Darson dan Nazaruddin. Setelah itu, forum diserahkan kepada delapan anggota DP Kepri yang hadir malam itu. Rapat pertama dipimpin Dr.Syarifah Normawati, M.Pd.

Pertemuan diawali dengan perkenalan diri masing-masing anggota DP Kepri. Syarifah menanyakan proses pemilihan Ketua DP Kepri. Peserta secara aklamasi menunjuk Encik Abdul Hajar, mantan Kepala Sekolah Indonesia di Kuala Lumpur, Malaysia, sebagai Ketua.

Setelah Ketua, pemilihan dilanjutkan dengan menentukan Sekretaris. Kalau penetapan Ketua dilaksanakan secara aklamasi, maka pemilihan Sekretaris diadakan dengan system tertutup. Maka terpilih Jepri Kamil, S.Pd, M.Pd, Ph.D sebagai Sekretaris DP Kepri. Sedangkan untuk Bendahara ditetapkan Syarifah Normawati.

Saat pemilihan Wakil Ketua, terlihat agak alot karena dilakukan pemungutan dua putaran. Tatkala pemungutan pertama, terpilih Ridarman Bay, SE, MM dan Dr.Razaki Persada, M.Si, masing-masing mendapat empat suara.

Karena sama banyak, maka dilakukan pemungutan tahap kedua. Pada tahap ini, Ridarman Bay mendapat empat suara, satu suara abstain, sehingga Razaki Persada memperoleh tiga suara. Ahirnya, Ridarman Bay ditetapkan sebagai Wakil Ketua DP Kepri.

Rapat diakhiri dengan pembacaan proses pemilihan pimpinan DP Kepri masa bakti 2024-2029 oleh pimpinan sidang sementara, dengan hasil: Ketua DP Kepri, Encik Abdul Hajar, Wakil Ketua Ridarman Bay. Sekretaris Jepri Kamil dan Bendahara Syarifah Normawati. Dengan anggota, 1) Razaki Persada, 2) Drs Mastur, M.Pd, 3) Dr.Ahmad Jalili, M.Sy, 4) Rica Irma Dhiyanti, S.Kom, M.Si, dan 5) Melly Puspita Sari, S.Psi.

Pada sambutannya, Encik Abdul Hajar menyatakan terima kasih kepada anggota DP Kepri yang sudah mempercayainya selaku Ketua DP Kepri masa bakti 2024-2029. “Sistem kepemimpinan di DP Kepri sesungguhnya dilaksanakan secara kolektif kolegial. Jadi kita di sini sama-sama menentukan. Ketua tu cuma koordinator saja,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga dibahas rencana pelantikan DP Kepri oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad. Menurut Nazar, pelantikan menunggu jadwal gubernur. “Kita akan usahakan DP Kepri ini bisa dilantik awal Januari 2024,” katanya.(red)

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close