Batam

Saffar Muhammad Godam Pastikan Kesiapan TPI di Wilayah Kerja Kanwil Kepri

Kunjungan Kerja Komisi III DPR RI

BATAM – Komisi III DPR RI Melakukan Kunjungan Kerja Spesifik Masa Persidangan V Tahun Sidang 2021 – 2022 dalam rangka pengawasan mitra kerja di Provinsi Kepulauan Riau. Kunjungan kerja tersebut diselenggarakan di Gedung Lancang Kuning Kepolisian Daerah Kepulauan Riau.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri, Saffar Muhammad Godam beserta Pimpinan Tinggi Pratama dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam menyambut kedatangan rombongan. Turut hadir pada rapat ini Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Batam dan Bintan.

Kunjungan Komisi III DPR RI kali ini dipimpin oleh Ketua Tim Kunjungan Kerja yang merupakan Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Adies Kadir. Beliau hadir beserta perwakilan anggota Komisi III DPR RI. Antara lain Ichsan Soelistio, I Wayan Sudirta, Arteria Dahlan, Sari Yuliati, Supriansa, Rudy Mas’ud, Romo H.R. Muhammad Syafi’i, Muhammad Rahul, Eva Yuliana, Heru Widodo, Hinca IP Pandjaitan XIII, Habib Aboe Bakar Al-Habsyi, Sarifuddin Sudding, serta tim dari sekretariat Komisi III DPR RI.

Saffar Muhammad Godam Pastikan Kesiapan TPI di Wilayah Kerja Kanwil Kepri
Komisi III DPR RI Melakukan Kunjungan Kerja Spesifik Masa Persidangan V Tahun Sidang 2021 – 2022

 

Agenda kunjungan Komisi III DPR RI dimulai dengan sambutan dari Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir. Beliau menyampaikan sambutan terkait dengan maksud dan tujuan kegiatan kunjungan kerja Komisi III DPR RI yaitu untuk mendapatkan data dan informasi terkait evaluasi pengamanan mudik/arus balik, pemeliharaan keamanan, dan strategi pengamanan kebutuhan pokok masyarakat pada hari raya Idul Fitri Tahun 2022. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari Kepolisiam Daerah Provinsi Kepulauan Riau Aris Budiman dan Kakanwil Kemenkumham Kepri Saffar Muhammad Godam.

Kakanwil dalam paparan nya menjelaskan kondisi Tempat Pemeriksa Imigrasi (TPI) di wilayah kerja Kanwil Kemenkumham Kepulauan Riau.

“Di wilayah Kepulauan Riau, terdapat 10 Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) dan jumlah perlintasan mencapai 34.200 orang dalam kurun waktu 15 hari pada saat H-7 dan H+7 Idul Fitri silam, dengan total Pegawai Imigrasi di seluruh TPI berjumlah 81 pegawai. Dari angka tersebut dapat disimpulkan bahwa rasio perbandingannya adalah 1 pegawai Imigrasi melayani 27 penumpang tiap harinya pada saat itu.”, jelasnya.

Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa Kanwil Kemenkumham Kepri telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mengoptimalkan kinerja Kanwil Kemenkumham Kepri.

“Kerjasama kami dengan berbagai stakeholder, Antara lain yaitu diadakannya Operasi Gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) yang terdiri dari unsur-unsur Kepolisian, TNI, Kejaksaan, Disdukcapil, Disnaker, Bea Cukai, Dishub, Pemerintah Daerah, dan instansi lainnya serta Kerjasama antara Lembaga Pemasyarakatan dengan Pihak Kepolisian dalam berbagai bidang kerja seperti Pengawalan, Razia Gabungan dan kerjasama lainnya.” bebernya.

Kegiatan diakhiri dengan diskusi untuk memperdalam pembahasan yang dipaparkan oleh Kakanwil dan Kapolda.

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close