KolomLegenda

Top Gainers Saham Saat IHSG Melemah di 17-21 Mei 2021

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Pekan lalu menunjukkan pelemahan sebesar 2,8%. Dibuka harga Rp 5.938 pada Senin lalu dan ditutup pada harga Rp 5.773 jumat lalu. Penurunan ini juga diikuti beberapa indeks saham di Indonesia. LQ45 dan IDX30 masing-masing pada kisaran harga 2%. Tetapi, masih ada beberapa saham yang masih bisa bertahan di tengah menurunnya IHSG. Bahkan mengalami peningkatan yang terlihat lumayan.

Berdasarkan info statistik mingguan, ada sekitar empat indeks yang masih mampu bertahan saat rata-rata gabungan saham menurun. Sektor tersebut adalah saham sektor teknologi yang menunjukkan peningkatan sebesar 5,23% , transportasi dan logistik 2,76%, infrastruktur 0,95%, Konsumen non-siklus 0,22%.

Selain itu juga beberapa saham menunjukkan peningkatan bahkan lebih dari 100%. Saham kode ARII menunjukkan peningkatan sebesar 105,88%. Sedangkan peringkat kedua diisi oleh saham kode TMAS dengan peningkatan sebesar 103,39%. Selanjutnya pada urutan keempat dan kelima diisi oleh saham LMSH dan MLPL dengan peningkatan masing-masing sekitar 80%-an. Secara fundamental memang saham ini ternilai diatas 1x, namun secara teknikal saham ini memiliki peminat yang besar untuk mengakumulasi pada minggu lalu sehingga saham-saham tersebut mengalami peningkatan yang signifikan dan bertahan di tengah penurunan IHSG.

Dari kelima saham diatas, prediksi atau spekulasi saham yang masih akan mengalami kenaikan adalah MLPL. Hal ini karena secara teknikal, di hari jumat saham ini masih mengalami penaikan. Artinya sampai hari jumat saham MLPL masih lbh kuat pergerakan harga beli daripada jual. Begitu pula teknikal harga saham pada periode mingguan. Artinya setelah saham ini dibeli oleh Gojek dkk., (https://stocksetup.kontan.co.id/news/gojek-resmi-masuk-ke-grup-lippo) para pelaku pasar saham juga ikut mengumpulkan saham ini. Walaupun asing cenderung bergerak melakukan sell sebesar 462,7 juta lembar atau sekitar 5,7% dari total saham yang terjual-belikan di pasar.

Selanjutnya saham yang masih bagus sekai untuk dikoleksi adalah Mitra Pinasthika Mustika (MPMX) yang mana pada minggu ini saham ini masih berada di arena discount menjelang RUPS dan Public Expose nya. Teknikal YTD juga mengalami peningkatan harga yang konsisten sejak Januari. Laporan Triwulan Pertama 2021 ini juga masih menunjuk PBV yang sahangat murah sebesar 0,51 dan akhir tahun 2020 kemarin menunjukkan PBV sebesar 0,35 yang cenderung murah untuk dikumpulkan mulai senin besok. Harga Masuk MPMX untuk senin besok bisa dipesan pada harga 735 atau 740 perlembarnya

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close