KepriNatuna

Wakil Ketua II DPRD Natuna Jarmin Sidik Hadiri Pembukaan TMMD ke 110

Lihatkepri.com, Natuna – Bupati Natuna, melalui Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Natuna, Hendra Kusuma, membuka secara resmi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 tahun anggaran 2021 wilayah Kodim 0318/Natuna.

Pembukaan TMMD ke 110

Kegiatan berlangsung di Gedung Wanita Setda Natuna, di Jalan Batu Sisir, Bukit Arai, Kecamatan Bunguran Timur, pada Selasa (02/03/2021) pagi.

Dalam sambutannya Hendra Kusuma menuturkan, bahwa dulunya TMMD dikenal sebagai ABRI Masuk Desa (AMD).

Kata dia, TMMD merupakan gawai bersama antara TNI, POLRI, Pemda dan Masyarakat. Dalam kegiatannya, program ini tentunya akan bermuara terhadap kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

“Ini adalah demi kepentingan masyarakat. Setiap apapun yang berdiri diatas kepentingan masyarakat, sangat perlu kita dukung,” imbuhnya.

Untuk itu ia meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Natuna terkait, untuk bersama-sama ikut mendukung dan mensukseskan gawai akbar TNI-AD di daerah ujung utara NKRI tersebut.

Wakil Ketua II DPRD Natuna Jarmin Sidik Hadiri Pembukaan TMMD ke 110

Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Hendra mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna juga menyampaikan apresiasi kepada TNI-POLRI, yang telah membantu Pemerintah Daerah dalam mendorong Geopark Nasional Natuna masuk dalam daftar UNESCO Global Geopark (UGG) sebagai salah satu warisan dunia.

“Menurut kami ini adalah salah satu hal yang sangat luar biasa. Ini merupakan bukti terjalinnya sinergitas yang sangat baik, antara TNI, POLRI dan Pemerintah,” tutur Hendra.

Sementara itu Komandan Satgas (Dansatgas) TMMD ke-110, Letkol (Arm) Asep Ridwan, SH.M.Han., menjelaskan, bahwa dalam pelaksanaan TMMD kali ini, pihaknya akan melaksanakan kegiatan sasaran fisik dan non fisik.

Laporan Dansatgas TMMD ke-110 TA 2021, Letkol (Arm) Asep Ridwan, SH.M.Han. Untuk fisiknya, berupa pembukaan jalan dari Dusun Sebayar Desa Sungai Ulu Kecamatan Bunguran Timur menuju ke Desa Selemam Kecamatan Bunguran Timur Laut, sepanjang kurang lebih 2 kilometer dan lebar 9 meter lebih.

Kemudian untuk sasaran non fisiknya, yaitu penyuluhan ikan air tawar, penyuluhan lingkungan hidup, penyuluhan pertanian, penyuluhan ketahanan pangan, pencegahan dan penanggulangan bencana alam, penyuluhan narkoba, penyuluhan hukum tentang UU ITE, wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan radikalisme dan faham komunis, sosialisasi Geopark Natuna, penyuluhan kesehatan, penyuluhan KB dan penyuluhan koperasi.

“Sementara untuk sasaran tambahan, kita juga akan mendorong dan membantu Dinas Pariwisata dan Badan Geopark Nasional Natuna, agar Geopark Natuna dapat diakui oleh UGG,” sebut Asep Ridwan.

Perwira Melati Dua yang juga menjabat sebagai Komandan Kodim 0318/Natuna itu, juga meminta do’a restu kepada Pemda dan Masyarakat Natuna, demi kelancaran pelaksanaan TMMD, hingga mencapai target 100 persen sesuai harapan.

“Semoga apa yang kami persembahkan ini dapat memberikan manfaat bagi Pemerintah Kabupaten Natuna dan masyarakat, khususnya masyarakat di Desa Sungai Ulu dan Selemam,” ucap Asep Ridwan.

Ia melaporkan, bahwa anggaran yang digunakan untuk mensukseskan TMMD di Bumi Laut Sakti Rantau Bertuah itu, bersumber dari bantuan komando atas sebesar Rp 400 juta lebih, dan dari Pemda Natuna sebesar Rp 1 milyar.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kapolres Natuna AKBP Ike Krisnadian, SIK., Danlanud RSA Ranai, Kolonel (Pnb) Dedy I. S. Salam, Danyon Komposit I/GP Letkol (Inf) Rahmat, Danlanal Ranai atau perwakilan, Danramil 01/Ranai Mayor (Inf) Narta, para Pasi Dim 0318/Natuna, Kepala Pengadilan Negeri, para Asisten Setda Natuna, OPD, Camat Bunguran Timur, Hamid Asnan, Kades Sungai Ulu Hermanto, Kades Selemam Bustami serta sejumlah tamu undangan lainnya.

(Mhd Amin)
Kepala Biro Natuna

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close