BatamKepri

Majelis Taklim Masjid Baiturrahman Ziarah ke Makam Syekh Ahmad Abdul Rahman Bin Abdul Aziz dan Raja Nong Isa

Lihatkepri.com, Batam – Puluhan pengurus bersama anggota Majelis Taklim Masjid Baiturrahman Perumahan Rindang Garden dan Rindang Villa Kelurahan Bulang menutup kegiatan bulan Syawal 1441 H.

Akhirman

Kegiatan ditutup dengan Ziarah ke Makam Syekh Ahmad Abdul Rahman Bin Abdul Aziz di Sagulung kemudian ke Makam Raja Nong Isa berada di atas bukit Kampung Nongsa.

Rombongan Taklim ini didampingi oleh Ketua RW 23, Caturi Yanto, dan Sekretaris RW Gimin, serta tokoh masyarakat Mulyadi dan jama’ah masjid Baiturrahman.

Rombongan ziarah ini juga di dihadiri oleh Ketua Yayasan Baiturrahman Akhirman.S.Sos.MM yang juga sebagai Dosen FE. UMRAH Tanjungpinang.

Ziarah kubur ke dua makam orang bersejarah di Batam dan Kepri ini bertujuan agar masyarakat khususnya jama’ah yang hadir selalu mengingat bahwa setiap yang bernyawa akan mengalami kematian.

“Marilah kita selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT, sering mengingatkan akan hari kematian. Ditengah Wabah Covid-19 kita harus optimis dan terus berdoa agar bencana ini cepat berlalu ujarnya,” ujar Ust. Lasyudin yang memberikan ceramah pada saat Ziarah kubur.

Dalam sambutannya, Akhirman (Ketua Yayasan) menyampaikan, bahwa Raja Nong Isa adalah seorang tokoh pertama yang berkuasa di wilayah Nongsa dan Batam pada waktu zaman penjajahan Belanda, beliau dikenal seorang yang berhasil mengembangkan pulau Nongsa kemudian dan pulau Batam yaitu pada tahun 1829 M. Makam kedua tokoh masyarakat tersebut berada di Kecamatan Sagulung dan Nongsa – Batam.

Akhirman juga menyampaikan marilah kita mengikuti cara hidup tokoh bersejarah tersebut karena walaupun sudah wafat tapi makamnya sering dikunjungi.

“Karena semasa hidupnya Raja Nong Isa taat melaksanakan ibadah, meninggalkan anak yang Sholeh dan Sholehah, harta yang bermanfaat,” ujarnya

Marilah kita semuanya jama’ah yang hadir disini berikhtiar untuk mencontoh perilaku kedua tokoh masyarakat Melayu yang kita ziarahi hari ini. Agar sisa-sisa hidup kita lebih bermanfaat.

“Semoga kegiatan seperti ini terus di laksanakan dan agar diikuti oleh keluarga kita kedepannya lebih ramai lagi.” ujarnya

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close