Bintan

Pembinaan Desa Sadar Hukum di Kecamatan Bintan Pesisir

BINTAN – Dalam rangka mewujudkan Desa Sadar Hukum di Kabupaten Bintan, Kamis, Tanggal 21 Juli 2022, bertempat di Aula Kantor Camat Bintan Pesisir telah dilaksanakan pembinaan desa sadar hukum di Kecamatan Bintan Pesisir, Kabupaten Bintan.

Kegiatan pembinaan dilaksanakan berkolaborasi dengan Bagian Hukum Kabupaten Bintan, yang dalam hal ini diwakili Sub Koordinator Dokumentasi Informasi Hukum Saudari Winda Isnaeni.

Kegiatan Pembinaan yang dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan hukum berpusat di Kantor Camat Bintan Pesisir dilaksanakan dengan mengundang Kelompok Sadar Hukum dari Desa Numbing, Desa Mapur dan Desa Kelong.

Kemenkumham Kepri Lakukan Pembinaan Desa Sadar Hukum di Kecamatan Bintan Pesisir
Kemenkumham Kepri Lakukan Pembinaan Desa Sadar Hukum di Kecamatan Bintan Pesisir

Dalam kegiatan tersebut tim Kanwil Kepri diwakili oleh Kepala Subbidang Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum, dan JDIH Saudari Rosdiana Evlin Walewangko menyampaikan pelaksanaan pembinaan desa sadar hukum merupakan rangkaian dalam peresmian desa sadar hukum, sulitnya kondisi geografis menyebabkan pelaksanaan pembinaan harus digabungkan dalam 1 (satu) tempat agar dapat berjalan efektif dan efisien,yang dalam hal ini difasilitasi oleh Kecamatan Bintan Pesisir.

Bapak Julpri Ardani Camat Bintan Pesisir mengharapkan agar kegiatan pembinaan desa sadar hukum tidak hanya dilaksanakan sebagai rangkaian untuk menuju peresmian, namun juga dapat dilakukan secara berkala mengingat masyarakat Kecamatan Bintan Pesisir yang tersebar di pulau-pulau, sangat memerlukan penguatan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam penyuluhan hukum kepada Kadarkum dari 3 (tiga) desa telah disampaikan materi tentang “Peran Kelompok Sadar Hukum dalam Mewujudkan Kelurahan Sadar Hukum” oleh Penyuluh Hukum Ahli Pertama Saudara Anggi Setiawan dan materi tentang “ Perluasan Akses Informasi Hukum di Desa melalui JDIHN” oleh Penyusun Informasi Hukum Saudari Risa Arviana.

Dalam kegiatan tersebut, Bagian Hukum Kabupaten Bintan melakukan sosialisasi terkait JDIH Kabupaten Bintan. Kegiatan tersebut juga dihadiri Tim STT Indonesia Tanjungpinang yang melakukan asistensi penggunaan aplikasi SEPAKAT bagi Paralegal Desa yang berada di Kecamatan Bintan Pesisir.

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close