Pendidikan

BGP Kepri Siap Kolaborasi dengan Dinas Pendidikan Sukseskan IKM

JAKARTA – Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Kepulauan Riau, Imam Edhi Priyanto mengikuti rapat koordinasi Implentasi Kurikulum Merdeka (IKM) lintas unit utama di lingkungan Kemendikbudristek, Kamis 23 Juni sampai dengan Minggu 26 Juni 2022 di Grand Sahid Jaya, Jakarta. Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi dengan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Ditjen Vokasi, dan Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan.

“Setelah pelaksanaan rapat koordinasi ini, BGP Kepri segera mempersiapkan pendampingan IKM ke dinas pendidikan provinsi/kab/kota,” jelas Imam Edhi di Jakarta.

Kemudian bersama dinas pendidikan dan organisasi mitra melaksanakan pendampingan IKM ke satuan pendidikan. Menjalankan komunikasi dan koordinasi antar UPT untuk menjaga sinergitas dan menyusun capaian-capain bersama sesuai dengan tengat waktu yang rasional dan terukur.

BGP Kepri Siap Sukseskan IKM
Implementasi Kurikulum Merdeka

 

Rapat koordinasi tersebut memiliki tiga tujuan. Pertama, memastikan unit utama dan UPT Kemendikbudristek memiliki satu persepsi terkait intervensi Merdeka Belajar Episode ke 15 (lima belas). Kedua, memahami peran masing-masing stakeholder dalam implementasi Merdeka Belajar Episode ke 15 (lima belas), dan ketiga, menyusun rencana tindak lanjut (RTL).

Kurikulum Mrdeka adalah suatu kurikulum pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat. Di sini, para pelajar (baik siswa maupun mahasiswa) dapat memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari sesuai dengan bakat dan minatnya. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada satuan pendidikan, guru, dan peserta didik dalam mengembangkan pembelajaran. Peserta didik memiliki kodrat (bakat) alami, guru sebagai pendidik harus merawatnya sesuai dengan kodrat yang dimiliki peserta didik. Banyak pihak yang terlibat dalam pengembangan kurikulum. Di antaranya ialah kepala sekolah, guru, komite sekolah dan siswa. Sebagai manajer, kepala sekolah bertanggung jawab atas manajemen sekolah. (Hos Arie Rhamadhan Sibarani)

BGP Kepri Sukseskan IKM
BGP Kepri Sukseskan IKM
Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close