Uncategorized

Tantangan Pengajar Pada Pedemi Covid-19

Covid-19 sudah bukan menjadi perbincangan yang lazim untuk dunia sekarang ini. keresahan telah di ciptakan untuk berbagai kalangan. Dunia pendidikan salah satunya, banyak sekali kebiasan baru yang harus dibiasakan untuk pendidikan di era pandemi seperti sekarang ini.

Namum melalui pandemi ini mampu mengakselerasikan pendidikan 4.0 yang melakukan system pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan kemajuan dari teknologi.

Hal ini tidak sampai disitu, terdapat tantangan besar ketika melaksanakan model pembelajaran berbasis online tersebut. salah satunya yaitu aktivitas akademik yang tidak tebiasa menggunakan sistem pembelajaran yang bersifat sepenuhnya online. Pada fase ini pengajar dituntut untuk sepenuhnya mampu menguasai medan dalam agar pendidikan terus bejalan stabil.

Tidak semua pengajar mampu menguasai teknologi yang telah berkembang pesat seperti sekarang ini. hal ini merupakan tantangan utama agar menstabilkan para pengajar untuk keseimbangan dalam dunia pendidikan.

Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang dibuat untuk memudahkan dalam pembelajaran. Namun terkadang setiap aplikasi memiliki kesuliatannya masing-masing, hal inilah mengapa pentingnya meningkatkan kompetensi pendidik disemua jenjang mutlak harus dilakukan.

Selain hal diatas, Indonesia memiliki daerah yang sangat luas, akses internet tidak semuanya merata kesetiap daerah, apalagi desa terpencil. Tantangan yang menjadi PR besar bagi pemerintah untuk meratakan akses internet keseluruh daerah di Indonesia. Mengingat pandemi seperti sekarang ini, internet menjadi point besar dalam menunjang pembelajaran secara daring.

Selanjutnya, melakukan pembelajaran secara daring hal yang paling utama untuk menunjang proses pembelajaran yaitu harus memiliki android, pc, ataupun IOS. Tidak semua kalangan mampu memiliki barang tersebut, mengingat bahwa tidak semua kalangan memiliki penghasilan diatas rata-rata. Mengingat tidak semua penduduk memiliki matapencaharian yang layak.

Beberapa hal diatas menjadi PR besar baik itu bagi pengajar maupun bagi pemerintah.

Bagaimana point-point diatas mampu diselesaikan demi menunjang kelangsungan proses pembelajaran. Walaupun kita menyadari, disatu sisi kurikulum harus terus berjalan namun pada sisi yang lainnya infrastruktur belum memadai dan cenderung tidak merata untuk menunjang kegiatan kelancaran pembelajaran jarak jauh. Melalui hal diatas, inilah waktunya untuk berubah? Iya, inilah waktunya kita untuk berubah, walaupun masih terdapat kesenjangan.

Pada era ini keterampilan mengajar yang dimiliki guru belum sepenuhnya cukup perlu untuk ditambah dengan kemampuan-kemampuan yang lainnya. Dalam istilah lainnya guru harus menjadi content creator yang menarik.

Penulis

Yuliati, S.Pd
Guru SMP N 1 Siantan

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close