Uncategorized

PKS Berharap OPD di Pemprov Kepri Berbenah

Lihatkepri.com, Tanjungpinang – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemprov Kepri diharapkan bisa berbenah dan memperhatikan rekomendasi-rekomendasi yang tertuang dalam laporan akhir Panitia Khusus DPRD Kepri terhadap hasil pembahasan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Pronvisi Kepulauan Riau Tahun Anggaran 2019.

Wakil Ketua II DPRD Kepri Raden Hari Tjahyono

Hal ini seperti yang disampaikan Anggota DPRD Kepulauan Riau Suryani disela-sela sidang paripurna Laporan Akhir Pansus LKPJ Kepala Daerah Provinsi Kepri Tahun Anggaran 2019 di Gedung DPRD Kepri pada Senin (22/06/2020).

“Ada begitu banyak catatan dan rekomendasi yang kami sampaikan, kita berharap rekomendasi ini tidak diabaikan begitu saja, tapi harus benar-benar menjadi sarana perbaikan pemerintah Prov Kepri terkhusus OPD terkait,” kata Suryani Wakil Ketua Pansus LKPj 2019 yang juga merupakan Sekretaris Fraksi PKS ini.

Sehingga ke depannya, tambah Suryani, setiap program dan kegiatan benar-benar terencana dan mengacu ke RPJMD dalam pencanpaian visi dan misi kepala daerah.

Utamanya jika dikaitkan dengan postur APBD lebih didominasi oleh dana perimbangan dimana untuk tahun 2019 presentase pendapatan asli daerah 33,25 persen, sementara sisanya 65,36 persen diperolah dari dana perimbangan dan 1,39 persen merupakan lain-lain pendapatan daerah yang sah.

“Terhadap kontribusi daerah pada realisasi pengelolaan keuangan daerah tahun 2019, mengalami penurunan yang cukup signifikan yang hanya mencapai Rp 7.173.968.960 sementara jika dibandingkan tahun 2018 mencapai Rp 13.542.397.410 kita berharap OPD terkait mampu meningkatkannya di tahun 2020 nanti, dari pembahasan yang kami lakukan memang realisasi anggaran rerata mencapai target yang cukup tinggi akan tetapi tentu ini bukan satu-satunya indikator, kita melihat ada hal yang lebih penting lagi yaitu belum tercapainya indikator-indikator realisasi kinerja hingga 100 persen, kita berharap rekomendasi kita ke OPD-OPD dalam Laporan Pansus LKPJ Plt Gubernur bisa dijadikan rujukan untuk berbenah bagi OPD-OPD yang ada,” tutup Suryani.

Terpisah, Wakil Ketua II DPRD Kepri Raden Hari Tjahyono juga berharap OPD-OPD bisa berimprovisasi dalam melakukan peningkatan PAD.

“Kita masih begitu mengandalkan dana perimbangan dari pusat jika ini tidak menjadi perhatian dari sekarang dan dipusat kondisi keuangan tidak stabil tentu ini akan berimbas besar bagi Kepri, mudah-mudahan ke depan kita bisa sama-sama konsen dalam peningkatan PAD,” tambah Raden Hari Tjahyono.

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close