Kepulauan RiauTanjungpinang

Pernyataan Sikap HMI Cabang Tanjungpinang-Bintan terhadap Kenaikan BBM

Lihatkepri.com, Tanjungpinang – BBM naik, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tanjungpinang-Bintan melakukan demo di Lampu Merah Pamedan, Senin (2/4/2018), Bahan bakar minyak (BBM) merupakan kebutuhan vital masyarakat Indonesia.

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tanjungpinang-Bintan

Kegunaan BBM berguna menjadi bahan bakar kehidupan masyarakat mulai dari bahan bakar produksi kebutuhan masyarakat dan transportasi masyarakat. Sehingga fluktuasi harga dan pasokan bahan bakar akan berpengaruh juga terhadap fluktuasi harga kebutuhan pokok masyarakat.

Fluktuasi Harga kebutuhan pokok masyarakat jelas berpengaruh dengan tingkat kesejahtraan masyarakat bahkan ini dapat meningkatkan inflasi ketika harga BBM terus meningkat. Oleh karna itu BBM bagitu penting bagi kehidupan masyarakat, maka pemerintah harus mengambil tindakan untuk menentukan harga dan menjamin pasokan ketersedian BBM di masyarakat.

Terkait ketersedian pasokan BBM selama ini hampir tidak diketahui secara luas oleh masyarakat, berapa sebenarnya ketersediaan, jumlah distribusi BBM disetiap daerah apakah setiap distribusi selama perjalanan melewati laut tidak terjadi kebocoron. Untuk itu dalam kerja menjamin ketersediaan dan menentukan harga pemerintah pun harus menggunakan asas transparan suapaya tidak timbul kecurigaan di masyarakat terhadap pemerintah yang bisa berefek sikap skeptis dari masayarakat kepada pemerintah.

Pemerintah hampir setiap penurunan harga minyak dunia tidak dibarengi dengan penurunan harga BBM, sementara setiap kali BBM naik baru pemerintah ambil tindakan untuk menaikkan harga. Kalaupun pemerintah menurunkan harga, kebutuhan pokok, pangan dan harga lain tidak ikut turun dipasaran. Sehingga kebijakan seperti ini jelas tidak adil dan merugikan masyarakat. Untuk menjamin keadilan dan tidak merugikan masyarakat pemerintah mestinya transparan, bijak dalam setiap kebijakan apa lagi berkaitan dengan kebutuhan masyarakat secara luas.

Terkait transparansi, berdasarkan analisa yang kami lakukan baru-baru ini kenaikan BBM Non Subsidi terkesan pemerintah kurang transparan dalam proses penaikannya padahal kenaikan ini sudah terjadi dua kali, namun faktanya masih banyak masyarakat yang tidak tau kapan penetapan kenaikan dilakukan oleh pemerintah. Pemerintah terkesan takut, dan tertutup tidak memberitahukan kepada masyarakat secara luas sebelum menaikkan harga BBM non subsidi melalui media-media masa secara terbuka.

Ketidak terbukaan seperti ini membuat masyarakat merasa dirugikan dengan kebijakan pemerintah yang secara tiba-tiba terjadi begitu saja tanpa sosialisasi kepada masyarakat terlebih dahulu secara jelas dan terbuka. Maka masyarakat akan menganggap pemerintah terkesan tidak memberikan kesempatan kepada masyarakat memberikan tanggapan atas kebijakannya menaikkan harga BBM non subsidi.

Penaikan harga BBM ditengah ekonomi Indonesia yang sedang sulit dengan banyaknya hutang dan nilai mata uang Indonesia yang terpuruk terhadap dolar pun akan dianggap menambah kesulitan ekonomi secara makro. Dengan naiknya harga BBM non subsidi tersebut dikhawatirkan akan menambahkan tingkat inflasi ekonomi negara atas dasar mengurangi daya beli BBM non subsidi sehingga lemabraan uang akan banyak tersebar di masyarakat. Dan penaikan BBM non subsidi tersebutpun dikhawatirkan akan menaikkan harga-harga kebutuhan masyarakat karena ongkos produksi dan distribusi yang meningkat. Sehingga masyarakat semakin mengurangi daya belinya lagi terhadap kebutuhannya.

Melihat kenyataan ini Kami HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM CABANG TANJUNGPINANG-BINTAN Menuntut dengan tegas.

  1. Jokowi Harus menjaga dan ingat Janji-Janjinya dalam kampanye, Jangan ingkar terhadap janji hingga masyarakat dibohongi dan dirugikan.
  2. Pemerintah harus jelas dan transparan dalam membuat dan memuuskan kebijakan.
  3. Meminta pemerintah Agar Visi kesejahtraan dan keadilan dijalankan sepenuhnya.
  4. Meminta pemerintah dengan untuk mengawasi, menjaga stok persediaan minyak dan stabilitas harga.

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close