BintanKepulauan Riau

MTQ Propinsi Kepri Ke 6, Bintan Raih Juara Terbaik Pawai Ta’ruf dan Stan Pameran

Lihatkepri.com, Bintan – Bintan Raih Juara Terbaik Pawai Ta’ruf dan Stan Pameran di MTQ Propinsi Kepri Ke 6. Perhelatan MTQ tingkat propinsi Kepulauan Riau ke-6, akhirnya usai digelar. 7 cabang perlombaan dengan 20 golongan, sudah selesai dilaksanakan dalam waktu satu minggu perhelatan. Pada Jum’at (27 Mei 2016) penutupan dilaksanakan di Gedung Daerah Tanjungpinang, dan ditutup oleh Gubernur Propinsi Kepulauan Riau Nurdin Basirun.

Dalam Laporan yang disampaikan ketua panitia Reni Yusneli, Pelaksanaan MTQ tingkat Propinsi Kepulauan Riau berjalan dengan baik, dan lancar. kondisi para peserta selama acara berlangsung juga sehat, dan para peserta sudah menunjukkan usaha yang sungguh-sungguh dalam bertanding.

Kelancaran acara juga didukung dengan disiagakannya personil keamanan, tim medis, tim akomodasi dan konsumsi, serta panitia pelaksana lain, untuk memastikan acara berjalan dengan baik, dan lancar tanpa ada kendala. Meskipun begitu, Reni mengatakan bahwa dari kerja keras panitia pelaksana, masih ada kesalahan dan kekurangan yang tentu saja tidak dapat dikesampingkan, untuk itu Reni mewakili seluruh panitia memohon maaf, kepada peserta, official, serta Gubernur Kepulauan Riau.

Reni juga turut mengapresiasi Seluruh peserta – peserta yang secara konsisten dapat menunjukkan prestasi yang terus meningkat. peningkatan ini dikatakan Reni, tidak lepas dari pembinaan qori, dan qori’ah oleh kabupaten kota masing-masing, dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi MTQ tingkat propinsi Kepulauan Riau ini.

Wakil Bupati Bintan Drs. H. Dalmasri Syam, MM yang juga merupakan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawah Qur’an Kabupaten Bintan yang hadir dalam kegiatan penutupan MTQ tingkat propinsi Kepulauan Riau ke-6 ini mengatakan, bahwa pembinaan memang terus menerus dilakukan, bukan hanya untuk menyiapkan diri menghadapi MTQ saja, tetapi karena pembinaan keagamaan memang sudah menjadi kewajiban.

“Kita memang mempersiapkan mereka (peserta) tetapi bukan hanya untuk menghadapi MTQ saja, tetapi pembinaan keagamaan termasuk membaca al-qur’an itu kan wajib. Jadi memang selalu kita lakukan, dan kita tingkatkan pembinaannya,” ujar Dalmasri, dikutip dari Laman Pemerintah Kabupaten Bintan.

Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi dan dukungan masyarakat, sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik. Ia pun berharap semoga MTQ tingkat propinsi Kepulauan Riau ke-6 ini bisa meningkatkan generari Kepulauan Riau yang qur’ani. Ia juga mengajak seluruh lapisan masyarajat untuk bersama-sama membangun propinsi kepulauan riau.

Pada pengumuman juara yang diumunkan oleh Said Agil Al Munawar selaku Ketua Dewan Hakim MTQ tingkat propinsi Kepulauan Riau ke-6, diketahui bahwa juara umum 1 diraih oleh kota Batam dengan jumlah nilai 138. Juara 2 diraih kabupaten Karimun dengan nilai 88, juara 3 diraih kota Tanjungpinang nilai 53. Juara 4 diraih kabupaten Bintan dengan nilai 33. Juara 5 diraih kabupaten Lingga dengan nilai 27. Juara 6 diraih oleh kabupaten Natuna dengan nilai 18, dan juara 7 diraih kabupaten kepulauan Anambas dengan nilai 3.

Untuk lomba pawai ta’ruf, dewan hakim memutuskan juara 1 diraih oleh kabupaten Bintan, juara 2 diraih oleh kabupaten Karimun, dan juara 3 diraih oleh kota batam. lomba qasidah & rebana, dewan hakim memutuskan bahwa peserta terbaik 1 jatuh kepada kota Tanjungpinang, peserta terbaik 2 jatuh kepada kota Batam, dan peserta terbaik 3 jatuh kepada kabupaten Karimun.

Selain itu pada malam penutupan ini turut diumumkan juara stan pameran terbaik, dengan juara 1 diraih kabupaten Bintan, juara 2 diraih kabupaten Karimun, dan juara 3 diraih oleh kabupaten kepulauan Anambas.

Sebagai juara umum, kota Batam berhak menerima piala bergilir baru, karena piala bergilir sebelumnya sudah menjadi milik kabupaten Karimun secara tetap karena sudah menjuarai MTQ tingkat propinsi 3 kali berturut-turut dalam perhelatan tahun-tahun sebelumnya.

Sebanyak 115 peserta terbaik 1, 2, dan 3, panitia pelaksana memberikan penghargaan berupa piala tetap dan uang pembinaan. nantinya para peserta terbaik 1, 2, dan 3 tiap cabang dan golongan akan dibina dan kemudian dikirim untuk mewakili propinsi Kepulauan Riau mengikuti MTQ tingkat nasional juni mendatang, di propinsi Nusa Tenggara Barat.

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close