BintanKepulauan Riau

Di Kec. Teluk Bintan, GOW Bersama Dinsos Bintan Gelar Baksos Pengobatan Masal

Lihatkepri.com, Bintan – GOW (Gabungan Organisasi Wanita) bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Bintan mengadakan Baksos (Bakti Sosial) “Pengobatan Masal” di Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan, Rabu (4/5/2016) dikutip dari laman fanpage Pemerintah Kabupaten Bintan.

Kepala Dinsos Kabupaten Bintan, Ismail mengatakan bahwa pada hari ini salah satu unsur Organisasi di Kabupaten Bintan yaitu GOW bekerja sama dengan Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan menunjukkan partisipasinya dalam meningkatkan pelayanan kesejahteraan sosial bagi masyarakat khususnya bidang kesehatan dengan mengadakan kegiatan bhakti sosial berupa pengobatan masal bagi masyarakat yang membutuhkan khususnya di Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan.

“Permasalahan kesejahteraan sosial merupakan tanggung jawab kita bersama. Setiap unsur baik Pemerintah maupun Non Pemerintah Seperti Organisasi Masyarakat, Dunia Usaha dan Masyarakat secara individu dituntut untuk ikut berperan aktif dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial,” ujar Ismail.

Menurut Ismail, jumlah penyandang masalah kesejahteraan sosial di Kabupaten Bintan secara kuantitas tidak begitu banyak, tetapi secara kualitatif perkembangan penyandang masalah kesejahteraan sosial semakin serius.

“Menurut peraturan Menteri Sosial nomor 8 tahun 2012 ada tujuh golongan PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) yaitu (1) Kemiskinan, (2) Keterlantaran, (3) Kecacatan, (4) Keterpencilan, (5) Ketunaan Sosial dan Penyimpangan Prilaku, (6) Korban Bencana, (7) Korban Tindak Kekerasan, Eksploitasi dan Diskriminasi,” ujar Ismail.

Selain itu, Ismail menegaskan bahwa yang dijabarkan menjadi 26 jenis PMKS yaitu Anak balita terlantar, Anak terlantar, Anak yang berhadapan dengan hukum, Anak jalanan, Anak dengan kedisabilitasan, Anak yang menjadi korban tindak kekerasan atau perilaku salah, Anak yang memerlukan perlindungan khusus, Lanjut usia terlantar, Penyandang disabilitas, Tuna susila, Gelandangan, Pengemis, Kelompok Minoritas, Bekas Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan, Orang dengan HIV/AIDS (ODHA), Korban Penyalahgunaan Napza, Korban Trafficking, Korban Tindak Kekerasan, Pekerja migran bermasalah sosial, Korban Bencana Alam, Korban Bencana Sosial, Perempuan rawan sosial ekonomi, Fakir miskin, Keluarga Bermasalah sosial psikologis, Komunitas adat terpencil.

“Marilah kita dukung bersama-sama agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan membawa manfaat bagi masyarakat Kabupaten Bintan pada umumnya dan bagi warga Penaga pada khususnya,” ujar Ismail.

Selain itu, Ismail mengatakan bahwa terlihat dari banyaknya kasus-kasus khususnya anak yang berurusan dengan hukum yang ditangani oleh Pekerja Sosial Anak. Untuk itu, Penanganan PMKS membutuhkan kerjasama dan dukungan dari semua pihak.

“Jumlah Lembaga Kesehatan Sosial (LKS) yang menunjukan peningkatan merupakan bukti atau pertanda semakin besarnya perhatian dan partisipasi masyarakat dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial,” ujar Ismail.

Sementara itu, Camat Teluk Bintan, Asy Sukri mengatakan pihanknya merasa terharu atas terlaksananya kegiatan ini, untuk itu mari bersyukur, semoga acara ini bermanfaat untuk semua pihak.

“Mari kita syukuri atas terlaksananya cara ini di daerah kita, untuk itu kepada Bapak dan Ibu Masyarakat, mari kita cek darah kita,” ujar Asy Sukri.

Selain itu, Asy Sukri juga berterimank kasih kepada Dinsos Bintan yang mana selalu membantu daerah ini, seperti pembangunan RTLH di Desa Penaga pada tahun lalu dan Insyaallah tahun ini juga.

“Tim Dinsos sudah Verifikasi mana yang layak mendapatkan bantuan RTLH. Bagi yang sudah dapat mari syukuri bantuan ini dan bantu warga lain yang belum dapat. Selaku tuan rumah kami mohon maaf jika terdapat kekurangan disana-sini dalam hal ini penyambutan dan persiapan sarana dan prasarana. Selain itu juga ada perhelatan MTQ sehingga harus bagi waktu, namun Alhamdulillah semuanya berjalan lancar,” ujar Asy Sukri.

Selain itu, Ketua PKK Kabupaten Bintan, Debi Apri Sujadi juga mengapresiasi acara ini berjalan dengan lancar dan menyampaikan salam bapak Bupati beserta Wakil Bupati Bintan yang dalam hal ini berhalangan hadir serta berharap kepada seluruh masyarakat agar lebih peduli terhadap kesehatan terus meningkatkan kesejahteraannya.

“Kita jaga kesehatan kita mulai dari diri kita sendiri dan mari kita tularkan kebiasaan hidup sehat kepada orang lain, Insyaallah seluruh Masyarakat Bintan sehat-sehat dan sejahtera,” ujar Debi Apri Sujadi.

Turut hadir, Kepala Dinsos Kabupaten Bintan, Ketua dan Wakil PKK Kabupaten Bintan, Ketua GOW (Gabungan Organisasi Wanita), Pegawai Dinas Kesehatan, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Bintan, Pengurus PKK Teluk Bintan, Pengurus PKK Desa dan Kelurahan, Lurah/Kepala Desa, RT, RW, LPM, Karang Taruna, Mahasiswa KKN serta warga setempat.

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close