Batam

Profil Program Studi Pendidikan Biologi UNRIKA Batam

BATAM – Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Riau Kepulauan (UNRIKA) sudah berdiri sejak tahun 2006. Adapun visi dari Program Studi Pendidikan Biologi UNRIKA adalah menjadi Program Studi Pendidikan Biologi berbasis kepulauan yang menghasilkan lulusan yang profesional, unggul, dan kreatif. Program Studi Pendidikan Biologi UNRIKA merupakan program studi terbaik di Kepulauan Riau. Sampai saat ini Program Studi Pendidikan Biologi UNRIKA memiliki Akreditasi B dengan SK BAN PT No.6910/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XI/2020 begitupun dengan kampus UNRIKA.

Profil lulusan Program Studi Pendidikan Biologi UNRIKA adalah menjadi calon Pendidik IPA dan Biologi, Peneliti, Entrepreneur, Edupreneur, serta Pengelola Laboratorium. Tak tanggung-tanggung banyak alumni (lulusan) Program Studi Pendidikan Biologi UNRIKA yang telah bekerja saat lulus bahkan dalam masa studi di Instansi pemerintah dan swasta serta sekaligus memiliki usaha yang terus berkembang baik di Batam maupun di luar Batam. Program Studi Pendidikan Biologi UNRIKA memiliki pengajar yang sangat professional di bidangngnya, tak ayal kalau pengajarnya telah banyak bersertifikasi dari Kemendikbud.

Fasilitas yang mendukung dalam kegiatan akademik Program Studi Pendidikan Biologi UNRIKA tidak usah diragukan lagi karena terdapat ruang belajar ber-AC, laboratorium biologi, laboratorium micro teaching, laboratorium komputer, layanan konseling, laboratorium bahasa, sarana olahraga, dan beberapa fasilitas lainnya. Masa Perkuliahan S1 Program Studi Pendidikan Biologi UNRIKA adalah 3,5 sampai 4 tahun. Mata kuliah yang dimiliki Program Studi Pendidikan Biologi UNRIKA sangat membantu dalam membekali mahasiswa dengan berbagai kompetensi seperti kemampuan public speaking, mahir berbahasa asing, pembuatan media berbasis IT (Informasi dan Teknologi), kemampuan meneliti dan mengelola laboratorium, pengembangan kewirausahaan/entrepreneurship & edupreneurship, Dalam pelaksanaan pembelajaran dalam mencapai kompetensi tersebut Program Studi Pendidikan Biologi UNRIKA menerapkan pembelajaran berbasis Student Centered Learning (SCL). Pembelajaran ini memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya.

Program Studi Pendidikan Biologi UNRIKA juga mewadahi bakat, minat dan potensi mahasiswa yang dilaksanakan di dalam kegiatan ko dan ekstra kurikuler. Salah satunya adalah organisasi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi (HMPB). Beberapa kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa HMPB adalah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), ON MIPA (Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), Pekan Olah Raga Mahasiswa, dan lainnya. Kegiatan lain dalam menunjang suasana akademik, Program Studi Pendidikan Biologi UNRIKA selalu melaksanakan kuliah umum, seminar internasional, pengabdian masyarakat dan pertemuan ilmiah dengan tema “Research Day” setiap tahunnya. Untuk narasumber yang dihadirkan dalam kuliah umum maupun seminar internasional, Prodi sendiri mendatangkan narasumber baik berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

Program Studi Pendidikan Biologi UNRIKA memberikan banyak kemudahan bagi setiap orang yang ingin lanjut ke jenjang pendidikannya (S1) seperti waktu perkuliahan yang dapat dipilih dan membantu mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, biaya kuliah (SPP) yang dapat dicicil, serta tersedia banyak beasiswa. Waktu perkuliahan terdiri dari 3 yaitu kelas reguler (offline) yang perkuliahannya dilakukan di sore hari, kelas blended learning (campuran), dan kelas shift. Program perkuliahan jalur beasiswa terdiri dari beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar), beasiswa full (100%) hafiz Quran & Prestasi Tingkat Nasional), beasiswa Yayasan, dan potongan SPP 50% (Prestasi Tingkat Provinsi).

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close