Pendidikan

BGP Kepri Bersinergi Asosiasi Profresi Widyaiswara Sukseskan Program Guru Penggerak

BINTAN – Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Kepulauan Riau, Imam Edhi Priyanto menjadi narasumber Webinar “Arah Kebijakan dan Langkah Strategis Implementasi Program Guru Penggerak” yang diselenggarakan oleh Asosiasi Profesi Widyaiswara Indonesia (APWI) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan. Narasumber dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Hosni. Webinar dipandu oleh Estina Ekawati dari Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (30/07).

Seperti tajuknya, Guru Penggerak akan berperan untuk menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya, menjadi pengajar praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah, hingga mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah dan Profil Pelajar Pancasila. Ada enam elemen dalam Profil Pelajar Pancasila, yaitu: berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Keenam elemen ini dilihat sebagai satu kesatuan yang saling mendukung dan berkesinambungan satu sama lain.

Kepala BGP Kepri, Imam Edhi
Arah Kebijakan dan Langkah Strategis Implementasi Program Guru Penggerak

“Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran,” jelas Imam Edhi. Kepemimpinan pembelajaran adalah kepemimpinan yang memfokuskan/menekankan pada pembelajaran yang komponen-komponennya meliputi kurikulum, proses belajar mengajar, asesmen (penilaian hasil belajar), penilaian serta pengembangan guru, layanan prima dalam pembelajaran, dan pembangunan komunitas belajar di sekolah. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya (workshop), konferensi, dan pendampingan selama 6 bulan.

Program guru penggerak akan menciptakan guru penggerak yang dapat mengembangkan diri dan guru lain dengan refleksi, berbagi dan berkolaborasi secara mandiri. Guru Penggerak diharapkan menjadi katalis perubahan pendidikan di daerahnya dengan cara menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan diwilayahnya. Program guru penggerak di BGP Kepri membangun kepemimpinan pembelajaran di sekolah dan komunitas. Menjadi inspirator dan inovator melalui praktik baik pendidikan. Menjadi guru pembelajar sepanjang hayat. (Hos Arie Rhamadhan Sibarani)

Data Program Guru Penggerak Kepri
Data Program Guru Penggerak Kepri
Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close