Lingga

Kunjungi Lingga, Staff Ahli Kemen-PPN Bicara Peluang Pariwisata

LINGGA – Staff Ahli Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan dari Bappenas RI, Erwin Dimas, SE, DEA, MSi untuk silaturahmi dan melakukan lawatan sejarah dibeberapa makam Sultan Lingga-Riau, Jum’at (27/05/2022).

Bupati Lingga, Muhammad Nizar menemui Erwin Dimas di kantor Kementerian PPN, Jakarta membahas tindak lanjut peluang-peluang anggaran kegiatan dari dana APBN.

Kunjungi Lingga, Staff Ahli Kemen-PPN Bicara Peluang Pariwisata
Staff Ahli Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan dari Bappenas RI, Erwin Dimas, SE, DEA, MSi

Selain peluang pembangunan infrastruktur, pembahasan juga merunut peluang lain terkait potensi daerah dari sektor kepariwisataan berbasis historis di Kabupaten Lingga.

Muhammad Nizar berharap setelah kunjungan pejabat kementerian tersebut, bisa mendorong pariwisata Lingga masuk pada kalender pariwisata nasional. Pemerintah daerah akan siap untuk menyiapkan segala kelengkapan pendukung jika memang itu yang diharuskan.

“Setelah mendengar dan melihat-lihat beberapa tempat sejarah, yang sarat budaya dan peradaban. Mudah-mudahan, Lingga bisa menjadi daerah tujuan wisata skala nasional,” kata dia.

Saat ini memang Kabupaten Lingga tengah fokus dalam pengembangan sektor pariwisata, terutama wisata sejarah, religi dan budaya melayu yang memang dinilai Nizar tidak ada ditempat lain, khususnya di Kepri. Lingga punya peradaban yang kaya dan sarat sejarah. Jejaknyapun masih bisa dilihat dari bukti sejumlah cagar budaya yang masih berdiri kokoh.

Staff Ahli Kemen-PPN Bicara Peluang Pariwisata Lingga
Pemeritnah Kabupaten Lingga bersama Staff Ahli Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan dari Bappenas RI, Erwin Dimas, SE, DEA, MSi

 

Staff Ahli Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan dari Bappenas RI, Erwin Dimas, SE, DEA, MSi, memberikan kesan yang cukup baik. Kabupaten Lingga dinilainya sangat luar biasa dari aspek potensi sejarahnya.

Sebagai putra kelahiran Riau, dia sangat paham dari cerita rentetan sejarah Kesultanan Riau-Lingga yang dipaparkan. Oleh karena itu, dia mengharuskan segala potensi yang dimiliki Kabupaten Lingga ini perlu untuk diangkat, bukan hanya pada level nasional tapi pada level internasional.

Walaupun beberapa langkah sudah dilakukan oleh pemerintah daerah, namun perlu lebih ekstra lagi dalam melakukan terobosan agar potensi yang dimiliki dapat tersentuh dan termanfaatkan, salah satunya dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

“Hari ini saya berkeliling hampir satu hati di Daik, saya melihat kota ini penuh dengan historis dan nilai sejarah, dan itu mungkin tidak dimiliki semua kota-kota lain, Ini potensi yang sangat luar biasa,” kata Erwin.

Langkah selanjutnya, dengan koordinasi yang telah dilakukan Bupati Lingga dan kementerian harus menyiapkan grain desain/lebel terkait potensi yang akan diangkat, misalnya pariwisata sejarah, budaya dan religinya, sebagai kunci masuknya program-program di Kabupaten Lingga. Namun itu tidak serta-merta, dan harus melalui tahapan dan proses, dan akan diusahakan di 2023 dan 2024.

Pemerintah daerah, juga harus sejalan dengan pemerintah provinsi dalam membangun sinergitas terhadap pengembangan potensi ini.

“Saya sudah berbicara dengan pak bupati, dan sudah seirama untuk kita mengarah kesitu. Dengan provisi juga saya katakan juga harus lebih bagus lagi,” jelas dia. (Prokopim Setda Lingga)

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close