BP Batam

“Ficusia” Animasi Karya Mahasiswa Politeknik Negeri Batam Ditayangkan di 4 Negara

BATAM – Peluncuran Seri Animasi “Ficusia”, pada Kamis (12/5/2022) dihadiri oleh Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) melalui Biro Humas, Promosi dan Protokol di Aula Politeknik Negeri Batam, Batam Center.

Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait; juga hadir diacara tersebut bersama Wakil Direktur 1 Bidang Akademik Politeknik Negeri Batam, Ahmad Riyad; Founder Second Change Foundation sekaligus Ibu Menteri Hukum dan Ham (2011-2014), Evy Amir Syamsudin; Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II Batam, Nebi Viarleni dan Project Leader Batik Girl Animation Series, Lusia Efriani.

Ditayangkan di 4 Negara, Peluncuran Seri Animasi “Ficusia” Ramai Apresiasi
Peluncuran Seri Animasi “Ficusia”

Konsul Kedutaan Australia, Luke Brown dan perwakilan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Baru, Malaysia, Muhammad Rizali Noor menyaksikan rangkaian kegiatan tersebut melalui aplikasi zoom.

Acara ini diikuti oleh lebih dari 500 peserta yang terdiri dari mahasiswa, para kepala sekolah dan pelajar SMA/sederajat di Kota Batam. Sejumlah murid yang bersekolah di Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB) juga mengikuti peluncuran episode pertama “Ficusia” melalui aplikasi Zoom.

“Ficusia” adalah animasi berseri hasil kolaborasi Yayasan Cinderella From Indonesia Center yang didukung oleh pemerintah Australia melalui program Alumni Grant Scheme (AGS).

Seri animasi “Ficusia” ini mengusung tema “Anti Narkoba” yang ditayangkan di empat negara, yaitu Indonesia (Batam), Malaysia (Johor Baru), Australia dan Amerika Serikat.

Animasi “Ficusia” ini dikemas dalam bentuk Project-Based Learning, yang melibatkan 69 mahasiswa Politeknik Negeri Batam lintas angkatan dan jurusan yaitu dari Program Studi Animasi, Program Studi Multimedia dan Jaringan, Program Studi Rekayasa Keamanan Siber, Program Studi Akuntansi, Program Studi Administrasi Bisnis, Program Studi Akuntansi Manajerial.

KJRI Johor Baru, Malaysia, Muhammad Rizali Noor menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang mendukung serial animasi “Ficusia”.

“Tentunya kami sangat bangga atas pencapaian mahasiswa Politeknik Negeri Batam yang telah menyelesaikan animasi ini sebagai sarana edukasi kepada masyarakat tentang bahaya narkoba di kehidupan kita,”

Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait menyatakan dukungannya atas peluncuran episode pertama seri animasi “Ficusia”.

Ariastuty Sirait mengatakan bahwa mahakarya mahasiswa Politeknik Negeri Batam ini menjadi angin segar bagi industri digital di Kota Batam.

Hal ini sejalan dengan komitmen BP Batam dalam membentuk iklim investasi yang sesuai dengan perkembangan zaman yang terwujud dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park.

Di bawah kepemimpinan Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, pembangunan KEK Nongsa Digital Park menjadi dukungan konkret bagi perkembangan industri digital kreatif dan ekonomi digital di Kota Batam.

“BP Batam sangat mengapresiasi hasil kerja keras adik-adik mahasiswa di bidang animasi. Seri animasi ini menjadi langkah awal para mahasiswa untuk menjadi animator profesional di kemudian hari,” ujar Ariastuty.

Ariastuty optimis, animator-animator lokal akan mendominasi pasar nasional dan internasional, serta membawa dampak positif bagi perekonomian Batam, khususnya di sektor Industri Digital Kreatif.

Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang mendukung peluncuran episode pertama “Ficusia”, termasuk pemerintah Australia yang berkenan untuk mendanai proyek animasi tersebut.

“Kami menantikan prestasi dari teman-teman mahasiswa Politeknik Negeri Batam selanjutnya, yang membawa harum nama Batam di kancah internasional,” pungkas Ariastuty. (rud/Humas BP Batam)

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close