Kepulauan RiauTanjungpinang

Posyantek Teluk Bakau Raih Juara III Lomba TTG Nasional XXII

Lihatkepri.com, Tanjungpinang – Posyantek Teluk Bakau  Raih Juara III Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXII tahun 2021 dengan meraih juara 3.

Posyantek Teluk Bakau

Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Desa Teluk Bakau, kabupaten Bintan, Provinsi Kepri raih juara 3 nasional tentu ini membuat dunia teknologi Kepri berhasil mengharumkan nama Kepulauan Riau ditingkat nasional.

Posyantek Teluk Bakau berada dibawah Posyantek dari Jawa Barat di posisi juara 1 dan Posyantek dari Jawa Tengah di posisi juara 2.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan Dukcapil Kepri Sardison,M.TP mengatakan jika dalam ajang TTG Nasional XXII tahun 2021 ini Pemerintah Provinsi Kepri mengutus 3 cabang lomba TTG, namun hanya 2 cabang yang masuk 10 besar dan melaju ke babak final.

Adapun kedua utusan dari Kepri tersebut masing-masing dari Bintan di kategori Pos Pelayanan Teknologi Desa (Posyantekdes)  Berprestasi, yakni Posyantekdes Teluk Bakau dan dari Natuna di kategori TTG Ungggulan yang diberi nama teknologi temuannya dengan  ‘Smart Cabai’.

“Alhamdulillah Posyantek Bina Desa Sejahtera dari Teluk Bakau berhasil meraih juara tiga,” ujar Sardison, Senin (20/9).

TTG Nasional XXII tahun 2021 ini merupakan programnya Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Ajang final sendiri berlanhsung, Senin 20 September 2021, bertempat di Gedung Makarti Jl. TMP. Kalibata No.17 Jakarta Selatan. Adapun penghargaan bagi daerah yang berhasil meraih juara diserahkan langsung oleh Menteri Desa PDTT, Dr. (Hc) Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd.

Dan dalam kesempatan ini Kadis PMD dan Dukcapil Kepri didampingi oleh Kadis PMD Kabupaten Bintan Ronny Kartika.

Posyantek Bina Desa Sejahtera Teluk Bakau dipandang sukses merangkul beberapa pihak, hingga akhirnya menghasilkan produk ulat maggot, yakni pakan alternatif yang tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk pakan ikan, juga pakan ternak serta pupuk organik untuk pertanian.

Diharapkan kedepan, Posyantek Bina Desa Sejahtera ini dapat berkembang. Apalagi ulat maggot ini banyak dicari para petani, karena tingginya protein sebagai pakan ternak.

Atas keberhasilan Posyantekdes Teluk Bakau meraih juara 3  pada lomba  TTG Nasional XXII, Pemerintah Provinsi Kepri akan memberikan penghargaan atas prestasi serta sumbangsih para kreator yang telah mengharumkan nama  daerah dibidang teknologi tepat guna.

“Penghargaan tingkat nasional ini kuga sebagai hadiah untuk hari jadi Provinsi Kepri ke-19. Insha Allah pada Upacara Peringatan Hari Jadi ke-19 Provinsi Kepri, Gubernur akan memberikan penghargaan kepada Posyantek dari Teluk Bakau ini,” tambah Sardison.

Terakhir, Sardison berharap prestasi ini juga menjadi motivasi tersendiri bagi seluruh masyarakat Kepri, terutama dalam hal mengembangkan bakat kreasi dan inovasi dibidang teknologi.

“Kita semua punya potensi yang harus di gali. Maka dari itu, kita berharap prestasi di ajang TTG ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua. Terus tingkatkan kreativitas dan inovasi,” kata Sardison.(*)

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close