Batam Tourism PolytechnicPendidikan

4 Kemampuan yang Akan Kamu Pelajari Saat Kuliah Perhotelan

Kuliah perhotelan menjadi salah satu pilihan studi idaman dengan prospek yang menjanjikan untuk masa depan. Apa saja kemampuan yang akan kamu peroleh saat menempuh kuliah di bidang perhotelan?

Bidang perhotelan merupakan salah satu industri berumur panjang yang diyakini mempunyai peluang yang tidak akan habis, bahkan selalu berkembang dari waktu ke waktu.

Walaupun sedang dilanda krisis akibat pandemi yang berkepanjangan, industri hotel dinilai dapat bertahan bahkan mulai bangkit perlahan. Ross Woods, founder dan CEO dari Hotel Investment Strategies LLC, mengungkapkan bahwa tidak sampai tahun 2023, kunjungan internasional sebanyak 16,1 juta akan dapat tercapai.

Kenyataan ini membuat bidang perhotelan menjadi salah satu pilihan studi yang menggiurkan bagi banyak generasi muda. Tidak hanya soal eksistensinya, tapi juga keragaman pilihan karier yang ditawarkannya.

Memang, profesi di bidang perhotelan termasuk kategori profesi ramah-tamah. Namun, cakupan pekerjaannya sangatlah luas. Misalnya saja, area dapur, front office, pemasaran, dan masih banyak lainnya.

Tentunya dengan keragaman ini, profesional di bidang perhotelan pun mempunyai kesempatan untuk mengeksplorasi lebih banyak hal dan mengembangkan kemampuannya. Namun, sebegitu pentingkah menempuh pendidikan di bidang perhotelan?

Meski sering dianggap sebagai profesi yang mudah, bekerja di industri perhotelan nyatanya tidaklah sesederhana itu. Dibutuhkan dasar keilmuan beserta mental dan pengalaman yang mumpuni untuk bisa menjadi pekerja hotel yang kompeten.

Lantas, apa saja kemampuan atau keterampilan yang akan kamu peroleh saat kuliah perhotelan? Simak beberapa daftar yang telah dirangkum oleh Batam Tourism Polytechnic (BTP), salah satu politeknik swasta terbaik di bidang pariwisata yang berbasis di Batam, Kepulauan Riau. Berikut ulasannya.

  1. Keterampilan Komunikasi
    Bekerja di industri perhotelan merupakan bagian dari ruang publik. Artinya, setiap hari kamu akan bertemu dengan puluhan hingga ratusan orang baru. Belum lagi, aspek keramahtamahan yang memang menjadi prioritas dari industri ini. Tidak heran, keterampilan komunikasi menjadi poin penting yang wajib dikuasai oleh setiap profesional perhotelan.

    Dengan menempuh kuliah perhotelan, kamu akan memperoleh gambaran akan aspek komunikasi perhotelan, entah itu dari pelajaran teori hingga praktikum yang rutin dilaksanakan. Meski begitu, kamu tidak semata-mata menggantungkan kemampuanmu pada jam-jam pelajaran saja.

    Kemampuan komunikasi yang baik butuh proses dan latihan yang konsisten. Karena itu, pastikan kamu terus berlatih dan membiasakan diri untuk mengaplikasikan aspek komunikasi yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Kemampuan Bahasa Asing
    Sebagai langkah untuk menyiapkan mahasiswa menjadi SDM yang unggul, hampir seluruh kampus perhotelan dan pariwisata menyertakan mata kuliah bahasa asing. Di Batam Tourism Polytechnic misalnya, tersedia mata kuliah Bahasa Inggris dan Mandarin dalam kurikulum Manajemen Divisi Kamar.

    Keterampilan satu ini memang menjadi bekal dan nilai lebih bagi calon pekerja di industri perhotelan. Karena itu, pastikan kamu terus belajar dan tidak meremehkan mata kuliah ini, ya!

  1. Kemampuan Pelayanan
    Industri perhotelan sudah pasti tidak akan lepas dari bidang pelayanan. Dalam perkuliahan sendiri, kemampuan ini secara khusus diperoleh melalui mata kuliah Psikologi Pelayanan. Sederhananya, di sini kamu akan belajar mengenai tingkah laku manusia dalam proses interaksi kerja pada bidang jasa pelayanan.

    Dalam praktiknya, selama perkuliahan kamu akan dibentuk menjadi individu yang disiplin dan menjunjung etika yang baik. Mengutamakan kesabaran, kesopanan, dan keramahan menjadi beberapa poin penting yang akan kamu pelajari.

  1. Pengetahuan Akan Dunia Kuliner
    Selain sebagai akomodasi penginapan, industri perhotelan tidak terlepas dari bidang kuliner. Sebagian besar hotel yang ada telah menyediakan layanan makanan atau biasa dikenal sebagai hotel restoran atau bar. Karena itu, saat kuliah di bidang perhotelan, kamu akan menemukan beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan bidang kuliner.

    Culinary Knowledge dan Food & Beverage Knowledge misalnya. Kedua mata kuliah ini termasuk ke dalam kurikulum teori dan praktik di kampus Batam Tourism Polytechnic.

Itu dia beberapa gambaran keterampilan yang akan kamu peroleh saat memutuskan untuk kuliah perhotelan. Melalui pendidikan dan passion yang tepat, kamu akan dapat menjadi profesional yang unggul di bidang perhotelan.

Di Indonesia sendiri, telah tersedia berbagai jalur pendidikan tinggi yang dapat kamu tempuh untuk memulai kuliah perhotelan. Salah satunya adalah Batam Tourism Polytechnic (BTP). Seperti namanya, kampus yang terletak di Kota Batam ini mempunyai fokus pendidikan pada bidang pariwisata.

Tersedia tiga program studi sarjana yang dapat kamu pilih, di antaranya Manajemen Divisi Kamar, Manajemen Tata Hidangan, dan Manajemen Kuliner.

Tertarik dengan salah satunya? Mari bergabung dengan keluarga besar Batam Tourism Polytechnic (BTP). Kunjungi situs BTP http://www.btp.ac.id untuk informasi tentang pendaftaran, pendidikan politeknik pariwisata dan #FutureTourismStartsHere.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close