Uncategorized

Dampak Pengaruh Covid-19 Terhadap Masyarakat Nasional

Saat ini dunia digemparkan dengan penyebaran wabah virus corona yang berawal dari China. Akibat virus ini banyak penduduk dan beberapa negara lainnya meninggal dunia.

Covid-19 atau virus corona merupakan pandemi yang sedang dirasakan dampaknya oleh hampir seluruh Negara yang ada di Dunia. Dampak tersebut tidak hanya pada aspek keselamatan hidup masyarakat, melainkan dapat dirasakan pada aspek ekonomi politik terutama pada negara dunia ke tiga seperti Indonesia. Dampak paling dominan terjadi pada perdagangan dan pariwisata. Sepanjang Januari 2020, terjadi penurunan ekspor-impor.

Mengingat China merupakan negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia dan mitra dagang utama Indonesia, maka terganggunya perekonomian China akan memengaruhi perekonomian dunia termasuk Indonesia. Penurunan perekonomian China berdampak pada menurunnya perekonomian Indonesia, khususnya di sektor perdagangan dan pariwisata Pemerintah perlu mencari alternatif kebijakan dan strategi untuk mendorong perekonomian domestik tanpa harus bergantung pada impor barang dari China dan juga mencari pangsa ekspor ke negara selain China.

Tidak sedikit upaya yang dilakukan oleh pemerintah pusat sampai hari ini namun belum memberikan efektivitas sebagaimana mestinya. Sehingga sangat berpotensi merugikan kepercayaan masyarakat (Trust Public) terhadap kinerja pemerintah.

Upaya yang dilakukan oleh negara dan masyarakat dalam menghadapi pandemi virus corona covid-19 yang sejak awal penyebaran di Indonesia telah terjadi sejak April 2020 negara telah menyediakan berbagai perangkat kebijakan dalam menangani pandemi virus corona covid-19.

Dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 21 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid19. Serta Peraturan Menteri Perhubungan No. 25 tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri tahun 1441 H Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 yang sudah berjalan merupakan bukti kepedulian pemerintah dalam membina masyarakat untuk sadar demi menjaga kesehatan dan penanggulangan penyebaran lebih lanjut. Namun dalam pelaksanaannya itu semua merupakan kesadaran masyarakat jika sebagian ada yang tidak taat dan melanggar aturan tentunya akan merugikan dirinya sendiri.

Keadaan darurat kesehatan masyarakat dapat mempengaruhi kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan kedua individu (menyebabkan, misalnya, ketidakamanan, kebingungan, isolasi emosional, dan stigma) dan komunitas (karena kerugian ekonomi, penutupan pekerjaan dan sekolah, sumber daya yang tidak memadai untuk medis. respon, dan distribusi kebutuhan yang kurang). Efek ini dapat diterjemahkan ke dalam berbagai reaksi emosional (seperti tekanan atau kondisi kejiwaan), perilaku tidak sehat (seperti penggunaan zat yang berlebihan), dan ketidakpatuhan terhadap arahan kesehatan masyarakat (seperti kurungan di rumah dan vaksinasi) pada orang yang tertular penyakit dan pada populasi umum. Penelitian ekstensif dalam kesehatan mental bencana telah menetapkan bahwa tekanan emosional ada di mana-mana pada populasi yang terkena dampak – sebuah temuan yang pasti akan digaungkan pada populasi yang terkena pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 memiliki implikasi yang mengkhawatirkan bagi kesehatan individu dan kolektif serta fungsi emosional dan sosial. Selain menyediakan perawatan medis, penyedia layanan kesehatan yang sudah luas memiliki peran penting dalam memantau kebutuhan psikososial dan memberikan dukungan psikososial kepada pasien, penyedia layanan kesehatan, dan masyarakat – kegiatan yang harus diintegrasikan ke dalam perawatan kesehatan pandemi umum.

Virus corona tidak hanya memiliki dampak kesehatan. Dampak virus corona bagi perekonomian Indonesia juga tidak kecil.Dikutip dari CNN Indonesia, Menteri Keuangan Republik Indonesia mengatakan bahwa proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya akan mencapai 2,3%. Bahkan, dalam situasi terburuk, ekonomi bisa minus hingga 0,4%. Penyebab dari hal ini di antaranya adalah turunnya konsumsi dan investasi, baik dalam lingkup rumah tangga maupun lingkup pemerintah.

Ditulis Oleh:

(Lovenia Putthree Lystia Rosdyant)
Stisipol Raja Haji
Administrasi Publik

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close