Institut Teknologi BatamPendidikan

Kuliah Jurusan Matematika, Prospek Kariernya Luar Biasa

Lihatkepri.com, Batam – Ilmu matematika sudah sangat familiar bagi banyak pelajar di Indonesia, bahkan sejak duduk di bangku sekolah dasar. Di perguruan tinggi, kuliah jurusan matematika juga masih menjadi pilihan banyak mahasiswa, lalu seperti apa prospek kariernya?

Kata ‘matematika’ berasal dari bahasa Yunani Kuno, yakni máthēma. Maknanya adalah pengkajianpembelajaran, atau ilmu, dalam hal ini berarti menjadi ‘pengkajian matematika’.

Dalam bahasa Latin, ’ars mathematica’ berarti ‘seni Matematika’. Matematika merupakan ilmu yang banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi kamu yang suka menelaah angka, bersemangat dengan matriks atau mengerjakan persamaan dengan logika, kuliah jurusan Matematika bisa menjadi pilihan tepat.

Masih ragu akan prospek karier dari Jurusan Matematika di masa depan? Jangan takut! Prospek kerja dari menekuni ilmu matematika terbuka lebar bagi para lulusannya. Bahkan ilmu sosial seperti ekonomi dan akuntansi juga berlandaskan ilmu matematika.

Institut Teknologi Batam (ITEBA), institusi pendidikan tinggi di bidang sains, teknologi dan desain, berbasis di Batam, Kepulauan Riau, yang peduli khususnya pada peningkatan kualitas dan kapabilitas SDM pada Sains, Teknologi, Engineering dan Matematika (STEM), merangkum tentang prospek karier apa saja yang bisa dijajaki oleh Sarjana Matematika. Berikut ulasannya:

1. Tenaga Pengajar / Akademisi

Bagi kamu yang punya passion untuk mengajar, dengan kuliah di Jurusan Matematika dan menguasai ilmu ini, kamu punya kesempatan besar untuk menjadi guru atau akademisi. Tidak hanya menjadi guru di sekolah, kamu juga bisa mengajar di perguruan tinggi alias menjadi dosen. Guru atau dosen yang telah tersertifikasi bisa memiliki penghasilan yang memuaskan.

2. Peneliti / Ahli Matematika

Selain menjadi akademisi, jalur peneliti juga bisa menjadi pilihan seorang Sarjana Matematika. Bahkan tidak jarang seorang dosen bisa merangkap sebagai peneliti.

Peneliti di sini tidak terbatas pada penemuan terobosan teori-teori baru. Bahkan, kamu juga bisa menjadi seorang ahli di sebuah lembaga atau perusahaan besar, yang membutuhkan perhitungan untuk suatu produksi atau proyek tertentu.

3. Konsultan

Dalam Jurusan Matematika, kamu terlatih untuk menggunakan logika terus menerus untuk memecah rumus-rumus. Kemampuan inilah yang membuatmu memiliki kapabilitas sebagai problem solver.

Itulah mengapa karier sebagai konsultan sangat cocok bagi Sarjana Matematika. Baik itu konsultan dalam perusahaan, konsultan IT, maupun konsultan bisnis.

4. Perbankan / Layanan Keuangan

Lulusan Matematika yang lihai berhitung juga berpeluang bekerja di perbankan, baik menjadi teller, bagian keuangan, hingga manajemen. Jenjang karier yang baik di bank juga memungkinkan untuk meniti karier lebih prospektif.

Tidak hanya di bank, berbagai perusahaan layanan keuangan juga memerlukan keahlian bidang matematika yang tinggi. Misalnya, menjadi financial advisor atau analis keuangan.

5. Lembaga Pemerintah

Beberapa lembaga pemerintah seperti Badan Meteorologi, Klimatologi & Geofisika (BMKG) atau Badan Pusat Statistik (BPS), juga sangat memungkinkan untuk menjadi tempat bagi Sarjana Matematika. Beberapa kementerian juga kerap membuka posisi yang membutuhkan Sarjana Matematika.

6. Aktuaris / Ahli Statistika

Aktuaris adalah seorang ahli yang mengaplikasikan ilmu keuangan dengan statistika, untuk menganalisa persoalan bisnis aktual. Profesi ini biasanya ditemukan di perusahaan asuransi dan investasi.

Oleh karena itu, posisi aktuaris menjadi penting, karena harus mampu mengelola risiko keuangan yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Di sinilah dasar ilmu matematika yang kuat dibutuhkan.

Walaupun profesi ini sama-sama berdasar pada konsep statistika dan matematika, ahli statistika lebih menekankan perhitungan dan pengolahan data dengan latar belakang industri yang lebih beragam. Baik ahli statistika maupun aktuaris membutuhkan ketelitian, kecermatan dan ketepatan dalam cara berpikir. Ketiga karakter ini dapat dilatih dengan mengambil Jurusan Matematika.

7. Ekonom

Seorang ekonom bekerja untuk melakukan penelitian, menyusun laporan untuk kemudian membuat perencanaan untuk mengatasi permasalahan ekonomi. Misalnya, masalah yang terkait pada produksi dan distribusi barang dan jasa, kebijakan keuangan, serta fiskal.

Ilmu matematika di sini dibutuhkan untuk mengubah data menjadi angka-angka yang berguna untuk menjadi dasar perhitungan selanjutnya. Angka-angka inilah yang dapat menyelesaikan banyak masalah terkait persoalan ekonomi.

8. Wirausaha

Kemampuan berpikir yang cepat serta cermat akan membuatmu menjadi seorang wirausaha yang andal. Terutama bagi kamu yang ingin membangun bisnis dari nol.

Kamu membutuhkan kecerdasan dalam menghitung, memprediksi serta memperkirakan kemampuan perusahaan dalam mengelola keuangan untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal. Kemampuan ini akan lebih terasah dengan mengambil Jurusan Matematika.

Tertarik melanjutkan kuliah pada Jurusan Matematika? ITEBA dapat menjadi pilihan untuk pendidikan tinggimu, sebab memiliki Jurusan Matematika, di bawah Fakultas Teknologi Informasi. Kamu bisa segera mendaftarkan diri, karena masa pendaftaran mahasiswa baru gelombang ke-3 ITEBA hanya sampai tanggal 30 Agustus 2020. Bergabunglah dengan keluarga besar ITEBA, dan kunjungi situs ITEBA pada http://www.iteba.ac.id untuk informasi lebih lanjut, atau lakukan pendaftaran di sini.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close