Jakarta

Keren! IKAHIMATIKA Indonesia Lakukan Analisis Harga BBM Menggunakan Model Matematika

JAKARTA – Ikahimatika Indonesia Melakukan Analisis Harga BBM Menggunakan model matematika yang dikelola oleh Divisi Keilmuan dan Keprofesian (Ilprof) kemudian dipublikasikan melalui akun Instagram Ikahimatika Indonesia (10/09/2022).

Kebijakan pemerintah tentang kenaikan harga BBM yang ditetapkan pada hari Sabtu, 3 September 2022 menuai banyak kritik dan penolakan oleh berbagai elemen masyarakat. Keputusan itu dirasa kurang tepat, dikarenakan kebijakan ini juga memberikan dampak pada kenaikan harga pangan disamping dampak pandemi Covid-19 yang belum terselesaikan.

Gambaran Permodelan Matematika ( Foto: IG Ikahimatika

Divisi Ilprof Ikahimatika Indonesia melakukan analisis kenaikan BBM melalui kajian dengan menggunakan sudut pandang disiplin ilmu Matematika. Hasil kajian tersebut menghasilkan tiga model matematika yang dijelaskan sebagai berikut:

1. Menunjukkan jumlah populasi pengguna BBM akan menurun jika harga BBM terus meningkat.

2. Menunjukkan jumlah populasi masyarakat miskin terus meningkat dikarenakan harga BBM yang tinggi berdampak juga pada harga kebutuhan sandang, pangan, papan masyarakat di Indonesia. Sehingga dalam keadaan ini dibutuhkan solusi berupa subsidi terhadap masyarakat di Indonesia untuk menekan inflasi.

3. Menunjukkan jumlah pengguna BBM bersubsidi hilang akibat dari pemerintah Indonesia tidak mengeluarkan anggaran subsidi terhadap BBM, hal ini belum dibuktikan secara aktual jika pemerintah benar tidak ada mengeluarkan anggaran untuk BBM subsidi.

Kemudian kesimpulan yang diberikan adalah, Kenaikan BBM berdampak ke tingkat kemiskinan yang melonjak.

Menanggapi analisis yang dilakukan oleh Ikahimatika Indonesia, banyak warga net yang memberikan apresiasi dengan memberikan komentar secara langsung pada postingan tersebut.

“Kelas👏,” tulis akun @aderayen_scout

Selain itu akun bernama @dyafathan mengatakan sebagai berikut. “Akhirnya divisi penelitian Ikahimatika menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat,” tulisnya.

“Gokil, mantebb min🔥,” ungkap @adli_aidid.

“Boleh loh dicantumin nama penulis yg berkontribusi, untuk apresiasi dan menghargai karya tulisnya, ” hajar @wijdanhilmy.

“Kenaikan harga bbm yang berbanding lurus dengan inflasi negara … Terima kasih min tlah memaparkan penjelasn matematis yang luar biasa ini…🙏 ,”tulis akun @risaanovitaa.

Luar biasa, keren kak, semoga tetap konsisten dalam memberikan manfaat😍 ungkap @nrhaliiza.

Tags
Show More
Kepriwebsite Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close