Uncategorized

Memehami Dampak Positif Dengan Adanya Desentralisasi dan Otonomi Daerah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), desentralisasi adalah sistem pemerintahan yang lebih banyak memberikan kekuasaan kepada pemerintah daerah.Desentralisasi didefinisikan sebagai tindakan dimana pemerintah pusat menyerahkan kewenangan kepada aktor atau institusi pada level di bawahnya dalam lingkup hirarki politik-administratif maupun hirarkhi wilayah (Ribbot & Larson, 2005; Barr, Resosudarmo, McCarthy & Dermawan., 2006).

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), desentralisasi adalah penyelanggaraan urusan pemerintah pusat kepada daerah melalui wakil perangkat pusat yang ada di daearah. Dalam sistem desentralisasi, pemerintah pusat memberikan wewenang kepada pemerintah daerah untuk menyelenggarakan pembangunan.

Otonomi daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintah dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Jadi kewenangan dan tanggung jawab jadi milik daerah itu sendiri. Baik dari kebijakan, perencanaan, dan pendanaan.

Desentralisasi dan Otonomi Daerah membawa dampak yang sangat baik dalam penerapannya yaitu :

Dampak Positif Desentralisasi

  1. Dari segi ekonomi banyak sekali keuntungan dari penerapan sistem desentralisasi ini dimana pemerintahan daerah akan mudah untuk mengelola sumber daya alam yang dimilikinya, dengan demikian apabila sumber daya alam yang dimiliki telah dikelola secara maksimal makapendapatan daerah dan pendapatan masyarakat akan meningkat.
  2. Segi sosial budaya, Dengan diadakannya desentralisasi, akan memperkuat ikatan sosial budaya pada suatu daerah. Karena dengan diterapkannya sistem desentralisasi ini pemerintahan daerah akan dengan mudah untuk mengembangkankebudayaan yang dimiliki oleh daerah tersebut. Bahkan kebudayaan tersebut dapat dikembangkan dan di perkenalkan kepada daerah lain. Yang nantinya merupakan salah satu potensi daerah tersebut
  3. Segi keamanan dan politik, Dengan diadakannya desentralisasi merupakan suatu upaya untuk mempertahankan kesatuan Negara Indonesia, karena dengan diterapkannya kebijaksanaan ini akan bisa meredam daerah-daerah yang ingin memisahkan diri dengan NKRI, (daerah-daerah yang merasa kurang puas dengan sistem atau apa saja yang menyangkut NKRI).
  4. Dibidang politik : Dampak Positif yang didapat melalui desentralisasi adalah sebagian besar keputusan dan kebijakan yang berada di daerah dapat diputuskan di daerah tanpa adanya campur tangan dari pemerintahan di pusat. Hal ini menyebabkan pemerintah daerah lebih aktif dalam mengelola daerahnya.

Dapak Positif Otonomi Daerah

  1. Menyalurkan aspirasi masyarakat daerah untuk kepentingan daerah itu sendiri dan secara politik untuk mendukung kebijakan pembangunan nasional yang diterapkan oleh pemerintah pusat.
  2. Meningkatkan manfaat dan hasil dari penyelenggaraan pemerintahan, khususnya dalam memberikan pelayanan publik, sehingga langsung tepat sasaran sesuai kebutuhan masyarakat dengan memperluas jenis-jenis pelayanan yang dibutuhkan.
  3. Menumbuhkan kreativitas masyarakat daerah agar lebih mandiri dalam meningkatkan kesejahteraan sendiri tanpa tergantung pada pemerintah pusat, sehingga semua potensi daerah dapat dioptimalisasi.
  4. Melancarkan program dan rencana kerja pembangunan demi tercapainya masyarakat sejahtera yang cepat terwujud.

Selain itu otonomi daerah juga membunyai kelebihan yang diharapkan dapat benar-benar terjadi  jika pelaksanaannya berjalaan sesuai aturan, kelebihan ini dapat dilihat dari sudut pandang masyarakat daerah, pemerintah daerah dan pemerintah pusat yaitu sebagai berikut:

  1. Prioritas Pembangunan Jelas
  2. Pembangunan Daerah Lebih Maju
  3. Daerah Mengatur Pengelolaan Sendiri
  4. Kerjasama Terjalin dengan Rakyat
  5. Mengurangi tugas Pemerintah Pusat
  6. Mudah Menyesuaikan dengan Kebutuhan Khusus Daerah
  7. Lebih Cepat dalam Menangani Kebutuhan Mendesak
  8. Mengurangi Kemungkinan Kesewenangan Pemerintah Pusat
  9. Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik
  10. Hubungan Harmonis Antar Daerah dan Pusat
  11. Efisiensi Waktu dan Biaya
  12. Mengurangi Birokrasi

Jadi dapat disimpulkan dengan adanya Desenralisasi dan Otonomi Daeah dapat membawa dampak baik dalam penerapanya, baik di bidang politik, ekonomi, sosial budaya dan lain sebagainya. Dengan adanya desentralisasi dan otonomi daerah juga membuat Pemerintah Daerah lebih mandiri dalam mengatur dan mengawasi daerahnya sendiri tanpa harus menunggu ketentuan dari Pemerintah Pusat.

Penulis:

Nazreen Banu
Mahasiswi Ilmu Administrasi Negara
Universitas Maritim Raja Ali Haji

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close