Uncategorized

Kesadaran Generasi Muda Akan Cinta Budaya Bangsa

Indonesia bukan hanya gugusan pulau yang terbentang dari sabang sampai merauke. Indonesia adalah gagasan budaya dengan corak keanekaragaman yang ada didalamnya, keanekaragaman tradisi dan budaya yang sangat kaya dan luar biasa. Tradisi dan budaya tersebut diwariskan secara turun temurun oleh nenek moyang bangsa Indonesia itu sendiri. Hal itu meliputi kesenian musik, tarian, pakaian, permainan, dan lain sebagainya. Keanekaragaman ini merupakan suatu kekayaan bangsa Indonesia yang harus di jaga dan dilestarikan agar tidak di tiru atau bahkan di akui oleh negara-negara lain. Keanekaragaman budaya ini yang membedakan negara Indonesia berebeda dari pada negara-negara lainnya.

Namun Dengan derasnya arus teknologi global yang masuk ke Indonesia telah membawa budaya asing mempengaruhi perubahan budaya masyarakat Indonesia itu sendiri. Secara perlahan rasa cinta terhadap budaya bangsa Indonensia mulai luntur terutama dikalangan generasi muda. Dikarenakan generasi muda terbawa dengan arusnya perkembangan teknologi yang ada, sehingga generasi muda lebih mudah menerima budaya budaya dari luar yang tidak seluruhnya sesuai dengan norma etika bangsa Indonesia. Secara perlahan kemajuan ini mampu mengikis kesadaran masyarakat dalam mencintai tradisi dan budaya yang ada di Indonesia.

Budayawan Jose Rizal Manua menjelaskan, budaya asing, khususnya dari barat, berhasil mempengaruhi generasi muda Indonesia. Itu terlihat dari kamar pribadi hingga ruang-ruang privasi mereka yang di hinggapi budaya-budaya luar negeri. Budaya asing yang serba instan akhirnya mampu menggantikan budaya Indonesia yang seharusnya di pegang teguh oleh generasi muda. Kebanyakan generasi muda zaman sekarang tidak mengetahui tentang kebudayaan–kebudayaan yang berada di negara Indonesia, anak-anak generasi muda zaman sekarang kebanyakan lebih mengenal Mall dan Café-café yang ada ketimbang budaya bangsa Indonesia itu sendiri.

Untuk itu, mencintai, merawat, dan menjaga kebudayaan yang ada di negara kita adalah sebuah keharusan bagi semua masyarakat Indonesia. Perjuangan dengan rasa cinta terhadap budaya bangsa Indonesia itu sendiri merupakan jiwa nasionalisme sejati. Janagan biarkan anugrah keanekaragaman budaya ini berubah menjadi malapetaka. Sebagai generasi pemilik gudang seribu budaya, mari kita tunjukkan partisipasi dalam menjaga aneka budaya kita sendiri dalam kehidupan sehari-hari walau sekecil apapun itu.

Oleh karena itu, mencintai dan menjaga budaya berarti menjaga martabat bangsa Indonesia itu sendiri, karena budaya adalah bagian dari jati diri bangsa Indonesia yang harus dijaga dengan baik. Maka dari itu mencintai dan menjaga budaya berarti ikut memajukan negara ini kearah yang lebih baik.

Oleh :

Dahriyandi
Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, FISIP, UMRAH

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close