Uncategorized

Menjadi Mahasiswa Mandiri Aktif dan Berprestasi Tak Hanya Isapan Jempol

Masa perkuliahan adalah masa-masa dimana kita dapat menemukan Ilmu/Pengetahuan, mengembangkan potensi diri,dan memperluas Wawasan berbagai pengalaman.

Tentu akan sangat rugi jika sebagai generasi muda hanya menghabiskan waktu luang mereka,seusai kuliah mereka malah untuk menghabiskan waktu untuk bersantai ria di mana tempat untuk minum secangkir kopi dan langsung bereaktifitas’yaitu permainan yang disebut namanya GAME ONLINE ,sama sekali itu tidak bersangkutan dengan mata pelajaran.

Sebagai generasi muda,alangkah lebih baik jika waktu luang diisi dengan kegiatan-kegiatan positif,seperti mengikuti kegiatan organisasi/berbagai kegiatan lainnya di organisasi tersebut (baik internal maupun external), dan mengembangkan minat dan bakat melalui pelatihan-pelatihan.

Sebagai mahasiswa aktif,kita tidak boleh melupakan tugas utama,yaitu mengikuti perkuliahan dan mendapatkan nilai baik dalam hal akademis.

Tak sedikit mahasiswa diluar sana yang mengeluh,menyalahkan sistem pendidikan,karena menganggap mustahil mahasiswa yang aktif di organisasi akan kesulitan mendapatkan nilai yang baik dibidang akademis.

Siapa bilang kuliah hanya buang – buang waktu dan menghabiskan biaya yang begitu besar?? Selama kita mampu memanajemen waktu dengan baik, maka bukan hal yang tidak mungkin untuk menjadi mahasiswa yang berpenghasilan bukan??

Menjadi mahasiswa mandiri tentunya ingin kita lakukan, terutama bagi mahasiswa laki-laki. Intinya ada pada diri kita, karena semua tergantung dari niat yang kita bangun dari awal untuk tidak bergantung pada kedua orang tua dan sudah sewajarnya hal ini kita lakukan mengingat usia yang semakin dewasa yang tidak harus terus menerus berpangku tangan pada orang lain, mulailah hidup mandiri. Disini saya akan berbagi-berbagi tips sesderhana kepada teman-teman untuk bisa memulai hidup dengan mandiri.

  1. Niat
    Seperti yang saya katakan tadi, sebelum memulai sesuatu apapun itu harus diawali dengan niat, karena dengan niat akan ada dorongan dalam diri untuk tidak bergantung pada orang lain.
  2. Berkawan dengan orang yang setujuan
    Maksudnya adalah carilah orang-orang yang telah hidup dengan mandiri. Mereka bisa menjadi pemotivasi bagi diri kita karena kita dapat berbaur dengan mereka, dengan begitu secara tidak langsung kemandirian akan tertular kedalam diri kita.
  3. Cari kesibukan yang bermanfaat
    Dalam hal ini,kita bisa mencari pekerjaan yang tidak mengganggu jam perkuliahan, ataupun bisa juga dengan aktif berorgaisasi dalam/luar kampus kita masing-masing. Hal ini dapat menambah wawasan kita kedalam menejemen waktu keseharian kita.
  4. Tidak banyak berkeluh kesah
    Mengeluh memang hal wajar bagi manusia, tapi jangan pada setiap permasalahan yang dihadapi. Berfikirlah terlebih dahulu, tenang dan kita akan menemukan solusi atas permasalahan yang kita hadapi. Semakin banyak kita menemukan banyak solusi utuk permasalahan kita, maka kita semakin siap menjadi orang yang mandiri.
  5. Susun sebuah rencana masa depan
    Setiap niat, tejuan, rencana, atau hal yang ingin kita capai, hendaknya kita menyusunnya dengan baik. Tulis dalam sebuah catatan dan sesering mungkin kita melihatnya karena terkadang, kita cenderung melupakan tujuan kita sehingga semangat untuk mencapainya semakin berkurang
  6. Berani hidup sulit
    Hal terakhir yang dapat saya bagi ke teman-teman adalah berani hidup dalam kesulitan, karena tentunya ketika kita masih membangun sebuah kemandirian, maka kita dihadapkan dengan hidup yang pas-pasan. Tapi jangan khawatir, selama proses yang kita jalani banyak manfaat yang akan kita peroleh yang membuat semakin dewasa dalam berfikir dan bertindak. Intinya adalah nikmati semua prosesnya,rasakan,dan belajarlah dari waktu yang telah berlalu.

“HIDUP MANDIRI MEMANG KERAS, TAPI KEDEWASAAN BERFIKIR DAPAT MELUNAKKANNYA”

Sekian artikel ini saya buat, semoga isinya dapat bermanfaat bagi kita semua,terkhususnya bagi diri saya pribadi. Dan mohon maaf dari saya apabila dalam penulisan artikel ini terdapat kata-kata yang menyinggung para pembaca. (Salam mahasiswa Sekoalah Tinggi Ilmu Sosial dan ilmu Politik Raja Haji Tanjungpinang angkatan 2018)

(Well everthing is all about management time,because the time that has passed will not be repeted again)

 

Penulis

Satriadi Sunrahayu
Mahasiswa Sosiologi Angkatan 2018

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close