Kolom Pembaca

Siapa Walikota Batam Pilihan Anda ?

Tidak terasa bulan ini sudah penghujung tahun 2019, artinya pilkada serentak hanya tinggal 9 atau 10 bulan lagi dari sekarang. Siapa Walikota Batam Pilihan Anda?

Bulan Februari 2020 adalah waktu untuk pendaftaran pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota berdasarkan jadwal yang ditetapkan oleh KPU RI. Karena waktu menjelang pendaftaran dari sekarang efektif nya tinggal dua bulan, maka terapkanlah pilihan anda dan kita semua sebagai warga masyarakat yang baik.

Kriteria calon sebaiknya. Pertama, memiliki Visi dan Misi yang jelas dan terarah untuk membangun Batam yang lebih maju, modern menjadi wadah yang harmonis untuk segala suku, agama dan budaya ditengah masyarakat yang pluralisme.

Kedua, Memahami bahwa Batam memiliki keunggulan, kelemahan,, peluangnya dan ancamannya. Seorang calon pemimpin untuk Kota Batam, mesti tau keunggulan Batam, namun jangan abaikan kelemahan disebabkan oleh berbagai variabel yang membuat segala rencanan hanya tinggal rencana. Batam juga memiliki peluang, namun seperti apa calon walikota Batam mengambil peluang tersebut dan mendistribusikannya kepada masyarakat. Jangan salah bahwa Batam memiliki ancaman, jika walikotanya yang dipilih terlalu birokrasi, terlalu lengah atau otoriter, sehingga memiliki dampak ekonomi dan sosial sebaiknya diperhitungkan segala kemungkinan yang akan terjadi seperti anjloknya ekonomi hingga pernah ke angka 2,02 % pada pertumbuhan ekonominya tahun 2017 yang lalu.

Ketiga, cari calon yang Entrepreneurship. Calon walikota Batam sebaiknya adalah orang yang kreatif, mendorong lahirnya konsep-konsep perda-perda yang ke ekonomian, usaha kecil dan menengah sehingga mendorong masyarakat kearah yang lebih produktif dan kompetitif. Inovatif, Batam rawan akan pengaruh ekonomi global, maka carilah calon walikota dan wakil walikota yang memiliki kemampuan cepat mengambil langkah untuk keluar dari masalah dengan meng-edukasi masyarakat kearah merubah cara, metode, dan pilihan agar pengaruh globalisasi ekonomi tidak memiliki dampak ekonomi dan kepanikan sosial yang lebih lama. Berikut kriteria. Ini penting, agar walikota mencari pembantunya seperti kepala dinas, kepala badan, atau kepala kantor yang.memilliki kemampuan entrepreneurship. Batam butuh kepala dinas dan lainnya sebahagian adalah dari orang-orang yang produktif, untuk meningkatkan penerimaan daerah, semisalnya target retribusi parkir yang harus tercapai, retribusi jasa lainnya yang harus di kelola dengan manajerial yang handal dan akuntabel, menarik pajak kendaraan yang sebesar-besarnya sesuai angka pertumbuhan jumlah kendaraan yang ada. Kemampuan memandu UKM meningkatkan usaha masyarakat, mengunci usaha yang melibatkan manajemen asing. Membimbing masyarakat kearah usaha manufaktur berkualitas yang ber daya saing.

Ke-empat, memiliki kepekaan sosial, budaya dan agama. Masyarakat yang akan memilih calon walikota dan wakil Walikota Batam sebaiknya memilih walikota dan wakil walikota yang memiliki kepekaan sosial, seperti bagaimana upaya tingkat kemiskinan di Batam serendah-rendahnya, ibu dan bayi meninggal se-minim-minim-nya. Orang-orang terlantar dijalanan benar-benar diperhatikan oleh dinas terkait dan tidak ditemukan lagi di jalan raya. Pada sektor budaya, di Batam terdiri dari.multi etnis, membawa dampak ekonomi dan peluang memperkenalkan kekayaan negara dari sektor budaya pada wisatawan Nusantara dan Asing yang datang ke Pulau Batam. Terahir, agama yang multi komplek di Kota Batam harus terjamin pelaksanaannya ibadah masing-masibg pemeluknya, dengan mematuhi aturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Tugas pemerintah membina, melindungi dan mengawasi semua kegiatan keagamaan sesuai aturan yang berlaku.

Ke-Lima, Ekonomi, tenaga kerja, adalah satu paket. Kemampuan negosiasi seorang Walikota dan Wakil Walikota mutlak diperlukan. Batam butuh investor lokal dan asing, seiring dengan kebutuhan masyarakat. Atau mengarahkan masyarakat untuk menciptakan usaha padat karya. Sehingga tingkat pengangguran jauh lebih sedikit angkanya. Target-target meminimalisir angka kemiskinan, pengangguran, pelanggan hukum, kriminalitas, kerusuhan, orang-orang terlantar harus lebih sedikit dari tahun ke tahunnya. Dengan demikuan kesejahteraan masyarakat akan terasakan dengan sendirinya.

Siapapun walikota dan wakil walikota Batam yang akan anda pilih adalah aset bagi anda untuk Lima tahun ke depan. Selamat mendukung calon menuju pilkada September 2020.

 

 

Ditulis Oleh:
Akhirman (Koordinator Presidium KAHMI Batam dan Dosen FE. UMRAH Tanjungpinang)

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close