Uncategorized

UMRAH Dan 10 Universitas se-Indonesia KKN Kebangsaan di Malang Rapat

Lihatkepri.com, Bintan – Sebanyak 15 mahasiswa dari 11 universitas se-Indonesia yang tergabung dalam KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kebangsaan 2016 ditempatkan di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau untuk melakukan pengabdian, termasuk di dalamnya Universitas Riau.

Sebelas universitas tersebut adalah UMRAH , UIN Suska Riau, Universitas Hasanudin, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Jambi, Universitas Riau, Universitas Nusa Cendana, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Jember dan Univeristas Sriwijaya.

Selama satu bulan ke depan, 11 universitas ini akan berkolaborasi mengembangkan potensi ekowisata bahari Desa Malang Rapat.

” 15 orang mahasiswa dari 11 universitas ini akan melakukan program kerja yang sudah ditetapkan oleh panitia dan kemenristek dikti sesuai dengan tema yang diberikan, yaitu tentang Pengembangan Ekowisata Bahari di Daerah 3T Kepulauan Riau sebagai Strategi Menjaga Kedaulatan NKRI,” ujar Alfiandri selaku DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) Desa Malang Rapat yang berasal dari UMRAH.

Desa Malang Rapat menyimpan banyak potensi ekowisata bahari yang sangat bagus untuk dikembangkan. Hal ini disampaikan oleh Yuly Meilinda salah satu peserta dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

“Setelah melakukan observasi, kita melihat bahwa potensi ekowisata Desa Malang Rapat ini sangat bagus untuk dikembangkan. Berhubung letaknya di daerah pesisir dan lautnya sangat indah terutama di Trikora, jadi sangat cocok dikembangkan menjadi ekowisata bahari terdepan di Kepri,” ujar Mely

Kegiatan KKN Kebangsaan berlangsung dari 25 Juli hingga 25 Agustus 2016. Sedikit gambaran bahwa Desa Malang Rapat memiliki 7 pulau kecil dengan keindahan laut di sekitarnya. 7 pulau kecil tersebut masih kosong dan cocok dijadikan destinasi wisata. Selain memiliki potensi laut yang bagus, Malang Rapat juga memiliki potensi pertanian yang cukup bagus.

Program kerja akhir yang akan dihasilkan dari pengabdian mahasiswa KKN ini adalah pembuatan website tentang Desa Malang Rapat untuk memberikan informasi dan mempromosikan Desa Malang Rapat seluas-luasnya kepada masyarakat Indonesia. Diharapkan melalui KKN Kebangsaan ini dapat membantu pengembangan potensi ekowisata Malang Rapat.(Mely)

 

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close