BatamKepulauan RiauNasional

Persiden Jokowi Tekankan Bea Cukai Jalin Kerjasama Patroli Laut Tindak Kejahatan Lintas Negara

Lihatkepri.com, Batam – Maraknya kejahatan Tran Nasional Crim ( kejahatan lintas negara) saat ini menjadi perhatian serius Persiden Joko Widodo, upaya Penanganan sedang dilakukan kerjasama antara Direktorat Bea cukai Indonesia dengan Lembaga terkait Singapura.

Sementara itu, Direktur KIAL (Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga) Bea Cukai di bawah Kementrian Keuangan, Robert Leonardo menyebutkan berdasarkan perintah persiden Jowi widodo memerintahkan upaya pencegahan perlu dilakukan kerjasama dengan lembaga negara tetangga.

“Program untuk menekan (Tarn Nasional Crime) penyelundupan itu merupakan perintah Presiden Joko Widodo,” Ucap Leonardo saat melakuan pertemuan di dengan Lembaga Bilateral Singapura, di KPU Bea Cukai Batam,Selasa (31/5/2016).

Leonardo sebutkan bahwa, kerja sama dengan Singapura ini dalam hal menindak kejahatan antar negara, dinilainya kejahatan lintas negara sangat merugikan negara. Untuk itu, kerjasama ini dalam hal melakukan berkoordinasi dalam melakukan tindakan, baik penyidikan dan penyelidikan berikut Patroli bersama.

Adapun dalam  pertemuan bilateral antara Direktorat Bea cukai dengan Police Coast Guard, Singapore Customs, Imigration and Checkpoint Authority Singapore  untuk menjalin kerja sama dalam menindak kejahatan lintas negara.  Kedua penegak hukum itu bertemu membahas untuk menjalin dalam  menekan penyelundupan yang kerap terjadi di Selat Malaka.

“Kita juga telah bekerja sama dengan Malaysia bahkan kita juga berpatroli bersama dengan pihak keamanan Malaysia,” kata Robert.

Adapun dihadiri oleh Bilateral Singapura antara lain, Seo Sew Ming sebagai Asisten Direktur General Intelejen dan investigasi, Nam Liang Cia sebagai Domain Comander Sea, terakhir HSU Sin Yun sebagai Comander Police. Dalam kesempatan tersebut Robert berharap, kerjasama yang di intruksikan Persiden ini dapat berjalan dengan optimal bisa mencegah segala kejahatan laut antar negara.

Selain itu dapat menambah pemasukan negara karena menekan penyelundupan dan kejahatan antar lintas negara.  Adapun isi kerjasama Antara lain Pertukaran Informasi terkini dan mutakhir seperti, informasi target, ilegal trending, Join Analisis dari informasi yang ditukarkan, kemudian Patroli Laut terkordinasi, Seperti oprasi laut berdasarkan informasi yang di tukarkan, seterusnya Investigasi Bersama menindak lanjuti atas oprasi bersama meliputi bertindak sebagai saksi akhli, obserpasi aktip dan monotorong Jaringan aktip. (Ajang Nurdin)

Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close