KampusOpini

Revolusi Manajemen Kinerja: Meningkatkan produktivitas di Era Digital

Di era digitalisasi dan globalisasi, teknologi informasi dan komunikasi kini telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Pesatnya peningkatan penggunaan teknologi juga berdampak pada hampir setiap bidang kehidupan, termasuk dunia kerja. Teknologi berperan penting dalam meningkatkan kinerja karyawan (Chamaram, Ajam Surasak, 2018). Sebuah studi kasus di Italia menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital untuk pengelolaan sumber daya manusia dapat lebih cepat, efisien, efektif, dan meningkatkan kemampuan berkolaborasi dalam suatu organisasi. Teknologi digital juga memungkinkan pemrosesan dan penanganan data yang lebih baik melalui platform sosial yang didedikasikan untuk manajemen talenta. Teknologi telah mempermudah pekerjaan, memberikan peluang baru yang besar untuk perusahaan untuk berkembang lebih cepat dan meningkatkan produktivitas para kinerja.

Teknologi informasi dan komunikasi kini sudah menjadi elemen yang penting dalam mengubah cara kerja perusahaan. Perusahaan yang berhasil merespons dan memanfaatkan perubahan teknologi secara efektif akan memperoleh keunggulan kompetitif di pasar. Manajemen sumber daya manusia (SDM) sudah mengalami banyak perubahan sejak awal era digital. Era digital berdampak besar pada bagaimana perusahaan dapat membantu organisasi untuk merekrut, melatih, dan memotivasi karyawannya. Di era digital, perusahaan tidak saja perlu memahami penggunaan teknologi, namun juga bagaimana cara teknologi bisa mendukung pengelolaan sumber daya manusia untuk menciptakan organisasi yang lebih produktif. Perusahaan yang menggunakan dan mengimplementasikan teknologi pada sistem manajemen kinerjanya dapat mencapai hasil kerja yang lebih baik pada hal produktivitas, efisiensi, dan profitabilitas.

Selain itu, penggunaan teknologi pada organisasi mempunyai dampak positif terhadap kinerja perusahaan. Misalnya, perangkat lunak dan aplikasi yang menyederhanakan tugas administratif dan manajemen  proyek dapat membantu mengoptimalkan waktu dan sumber daya karyawan. Dan juga, teknologi juga meningkatkan aksesibilitas dan fleksibilitas di tempat kerja. Berkat kemajuan teknologi, karyawan kini dapat bekerja dari jarak jauh dan menyelesaikan tugas di luar kantor. Hal ini membantu karyawan untuk tetap menjaga keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi, meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja. Ada beberapa manfaat teknologi yang dapat membantu meningkatkan kinerja bisnis.:

  1. Rekrutmen Transformasi digital membantu mengidentifikasi kandidat yang paling memenuhi syarat untuk posisi Ini melibatkan pencarian resume dan lamaran untuk kata kunci dan frasa spesifik yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan untuk pekerjaan itu. Digitalisasi penuh juga memungkinkan pemeriksaan awal melalui telepon dengan para kandidat, sehingga mempercepat proses rekrutmen.
  2. Manajemen Kinerja Beberapa perusahaan menggunakan sistem manajemen kinerja yang diaktifkan secara digital untuk melacak data kinerja karyawan dan mengidentifikasi masalah sejak Hal ini dapat membantu keterlibatan karyawan dan meningkatkan produktivitas karyawan.
  3. Pelatihan dan pengembangan karyawan Bidang lain di mana digitalisasi berkontribusi terhadap penyederhanaan proses SDM adalah dalam pelatihan dan pengembangan karyawan. Di masa lalu, sering kali sulit bagi departemen SDM untuk memahami karyawan mana yang memerlukan pelatihan khusus terkait Akibatnya, karyawan sering kali tidak mendapatkan pelatihan yang mereka perlukan atau menerima terlalu banyak pelatihan mengenai topik yang sudah mereka kuasai dengan baik.
  4. Pengelolaan Tenaga Kerja Kontrak Kehadiran transformasi digital turut mengefektifkan proses SDM dalam pengelolaan tenaga kerja kontrak. Departemen sumber daya manusia sering kali kesulitan melacak pekerja kontrak. Akibatnya, karyawan seringkali tidak menerima gaji dan tunjangan lainnya yang memadai, atau kontrak kerja mereka diputus lebih awal.

Mencapai keunggulan kompetitif dan kinerja berkelanjutan memerlukan berbagai praktik SDM yang memerlukan waktu dan proses. Menggunakan teknologi yang tepat dapat membuat praktik ini lebih mudah dan cepat, sehingga membantu sebuah organisasi terus beroperasi secara efektif dan mencapai tujuan bisnis. Setelah tujuan perusahaan tercapai, keunggulan harga yang kompetitif dapat dicapai dengan mempekerjakan karyawan yang baik, berkualitas, dan kompetitif.

 

Ebi Tri Wahyuni
STIE Pembangunan, Tanjungpinang, Indonesia Email : ebitriwahyuni09@gmail.com

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close