Batam

70 Guru Ikuti Pelatihan PKG PJOK BGP Kepri di Golden View Hotel

BATAM – Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Kepulauan Riau mengadakan Pelatihan bagi peserta pendidikan program PKG PJOK, Senin s.d Senin (08 s.d 15 Juli 2024) di Golden View Hotel, Kota Batam. Turut hadir Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Kepulauan Riau, dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam

Dalam kegiatan ini sebanyak 70 Peserta Pendidikan Program PKG PJOK turut serta, dan diampu oleh 4 narasumber pusat, Ketua Pelaksana Kegiatan, Maryana Yunani, M.M mengatakan kelanjutan dari program ini akan ada program desiminasi ke seluruh guru pengampu PJOK.

“Adapun tujuan Program pengembangan kompetensi guru PJOK, yakni agar Guru pengampu PJOK mampu memfasilitasi pembelajaran PJOK yang berkualitas dan berpusat pada peserta didik secara bermakna,” ujarnya

Pelatihan bagi peserta pendidikan program PKG PJOK
Kepala BGP Kepri, Imam Edhi Priyanto, M.M.Pd

Selain itu, Maryana Yunani, M.M  juga mengatakan bahwa tujuan program ini secara luas sebagai cita-cita besar kita bersama adalah Murid Indonesia secara mandiri berpartisipasi dalam aktivitas jasmani sepanjang hayat. Ketika kita menjadikan PJOK sebagai pembelajaran peserta didik, artinya PJOK merupakan pembelajaran untuk “semua” peserta didik tidak hanya eksklusif berdasarkan bakat dan bentuk fisik, gender, dan abilitas.

“Jika kita menginginkan tujuan jangka panjang ini, menginginkan anak-anak kita nantinya memiliki agency (kemandirian) untuk aktif sepanjang hayat: ini dikarenakan mereka benar-benar paham tentang apa, mengapa, dan bagaimana menjadi bugar,” ujarnya.

Menjadikan PJOK sebagai pembelajaran peserta didik, Maryana Yunani, M.M mengatakan bahwa PJOK merupakan pembelajaran untuk “semua” peserta didik tidak hanya eksklusif berdasarkan bakat dan bentuk fisik, gender, dan abilitas.

“Harapannya, semua peserta didik kita nantinya dapat menjadi pembelajar yang memahami dan mempertahankan aktivitas jasmani sepanjang hayat untuk kebermanfaatan dirinya, keluarga dan masyarakat lebih luas,” ujarnya.

Dalam sambutanya, Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Kepulauan Riau, Imam Edhi Priyanto, M.M.Pd mengatakan bahwa kegiatan pembelajaran ini dipandu oleh Fasilitator secara daring, baik melalui LMS secara asinkron maupun sinkron selama kurang lebih 5 minggu.

“Perjalanan selama 5 minggu kemarin secara daring, tentu telah menyita waktu dan tenaga bapak dan ibu dalam proses belajar. Namun demikian, kami meyakini bahwa bapak dan ibu masih tetap semangat untuk mengikuti rangkaian dari pendidikan program PKG PJOK ini,” ujarnya.

Selain itu, Imam Edhi Priyanto, M.M.Pd juga menyampaikan selamat kepada bapak ibu semua, telah berhasil sampai pada titik ini, dan selanjutkan pendidikan PKG PJOK secara luring.

“Pembelajaran secara luring akan memasuki Paket Modul 2 yaitu Keterampilan Pedagogi Guru PJOK yang Berpusat pada peserta didik. Saya berharap Bapak dan ibu dapat mengalami pembelajaran secara lebih dalam dengan berbagai variasi praktik simulasi mengajar untuk mendukung pemahaman paradigma PJOK sebagai pembelajaran peserta didik dengan meningkatkan keterampilan pedagogi,” ujarnya

BGP Kepri Gelar Pelatihan Bagi Guru PKG PJOK Tahun 2024
BGP Kepri Gelar Pelatihan Bagi Guru PKG PJOK Tahun 2024
Tags
Show More
Kepriwebsite

2 Comments

  1. Hello my loved one I want to say that this post is amazing great written and include almost all significant infos I would like to look extra posts like this

  2. Hi i think that i saw you visited my web site thus i came to Return the favore Im attempting to find things to enhance my siteI suppose its ok to use a few of your ideas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close