Pendidikan

Tim PKM UMRAH Lestarikan Kebudayaan Melayu Sejak Dini di POS PAUD Nusa Indah Teluk Bakau Melalui Podcast

Hibah PKM DRTPM 2023

BINTAN – Dalam upaya melestarikan kebudayaan Melayu sejak dini di wilayah pesisir Kabupaten Bintan, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang telah sukses menyelenggarakan acara luar biasa di POS PAUD Nusa Indah Teluk Bakau. Kegiatan ini terselenggara berkat adanya dukungan melalui hibah Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) Ditjen Dikti– ristek Kemdikbudristek melalui skema Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) Tahun 2023.

Pojok Kreasi Anak Pesisir
Pojok Kreasi Anak Pesisir di POS PAUD Nusa Indah Teluk Bakau

 

Adapun judul kegiatan ini yaitu “Peningkatan Kualitas Pembelajaran POS PAUD Nusa Indah Teluk Bakau: Solusi Pelestarian Kebudayaan Melayu Sejak Dini di Wilayah Pesisir Kabupaten Bintan”. Kegiatan ini menjadi momen penting untuk menghadirkan wawasan baru bagi guru dan orangtua tentang pembelajaran pada kurikulum merdeka dengan menyusun pembelajaran melalui modul ajar MIKIR dan Pelestarian Kebudayaan Melayu Sejak Dini di Wilayah Pesisir Kabupaten Bintan melalui Pojok Kreasi Anak Pesisir.

Acara yang dipimpin oleh Bapak Eko Febri Syahputra, S.Pd., M.Pd dan didukung oleh Bapak Dios Sarkity, S.Pd., M.Pd dan Ibu Dina Fitriyah, S.Pd., M.Si ini berlangsung dari tanggal 22 hingga 23 Agustus 2023 untuk pelaksanaan PKM. Tiga narasumber berkompeten diundang untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, mendukung penguatan implementasi Kurikulum Merdeka di lingkungan POS PAUD Nusa Indah Teluk Bakau.

Salah satu output menarik dari acara ini adalah inisiasi “Pojok Kreasi Anak Pesisir.” Melalui podcast ini, peserta didik POS PAUD Nusa Indah Teluk Bakau diharapkan dapat mengekspresikan bakat mereka dalam bentuk nyanyian, puisi, tarian, serta cerita/dongeng rakyat Melayu. Konsep ini menciptakan wadah kreatif bagi peserta didik untuk mengeksplorasi dan melestarikan budaya mereka dan berkontribusi dalam pelestarian warisan budaya Melayu.

Output kegiatan PKM ini tidak hanya pada saat penyampaian materi oleh narasumber saja, tetapi  diikuti dengan tiga rangkaian kegiatan pendampingan dan monitoring ke POS PAUD Nusa Indah Teluk Bakau. Pendampingan pertama pada tanggal 15 September 2023, dipimpin oleh Bapak Eko Febri Syahputra Siregar, S.Pd., M.Pd, terfokus pada kegiatan dan produk podcast yang sudah dijalankan di POS PAUD Nusa Indah Teluk Bakau. Pendampingan kedua, yakni pembuatan modul ajar berbasis MIKIR, dilakukan pada tanggal 25 September 2023

Sedangkan, pendampingan terkait komunitas belajar dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2023. Pendampingan tidak hanya dilakukan secara offline, namun juga terus dilakukan melalui kegiatan secara online dengan terus menguatkan dan membiasakan para guru untuk melakukan hal positif guna memerdekakan peserta didik dalam belajar sesuai dengan karakteristik yang dimiliki.

Kegiatan pendampingan ini bukan hanya sekadar support, melainkan juga sebagai bentuk monitoring terhadap output kegiatan PKM. UMRAH melalui PKM dosen-dosen selalu berkomitmen untuk terus mendukung dan melibatkan masyarakat dalam pelestarian kebudayaan Melayu, terutama di wilayah pesisir Kabupaten Bintan.

Ibu Poniti, selaku Kepala POS PAUD Nusa Indah Teluk Bakau merasa senang sekolah yang beliau pimpin mendapatkan kesempatan bermitra dengan UMRAH. Hal ini beliau sampaikan melalui testimoni kegiatan pengabdian ini. Banyak perubahan yang dirasakan terutama dari pelaksanaan pembelajaran yang semakin berpusat pada murid karena adanya pelatihan dan pendampingan yang diberikan pada para guru dalam penyusunan modul ajar berbasis kemaritiman, serta para guru juga semakin terbiasa melakukan refleksi pembelajaran dan merancang pembelajaran bersama melalui Komunitas Belajar mereka setiap hari Jum’at. Selain para guru, peserta didik juga semakin memiliki peluang untuk mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki melalui Pojok Kreasi Anak Pesisir dengan kegiatan podcast.

Hibah PKM DRTPM 2023
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang
Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) Ditjen Dikti– ristek Kemdikbudristek
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang
Tim PKM UMRAH
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang
Pos Paud Nusa Indah Teluk Bakau
Pos Paud Nusa Indah Teluk Bakau
Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close