Batam

Taba Iskandar Jadi Narasumber Pelatihan Kerja Berdasarkan Klaster Kompetensi Program Pelatihan Gerinda

BATAM – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan Pelaksanaan Latihan Kerja Berdasarkan Klaster Kompetensi yakni Program Pelatihan Gerinda, Rabu (5/4/2023) di Gedung Graha Kepri Batam.

Taba Iskandar selaku Anggota Komisi 1 DPRD Provinsi Kepulauan Riau juga turut memberikan arahan dan motivasi dalam pelatihan tersebut.

Kabid pelatihan dan Penempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Riau mengatakan bahwa kegiatan ini adalah pilot project pelatihan yang mengusung konsep Tailor Made Training.

“Pelatihan yang dilakukan atas dasar kesepakatan kerja sama antara LPK dengan stakeholder atau multistakeholder dalam memenuhi pasar kerja, “ ujarnya

Pelatihan Kerja Berdasarkan Klaster Kompetensi Program Pelatihan Gerinda

Sejalan dengan kegiatan tersebut, dilaksanakan juga penandatanganan MoU antara Dunia Industri/Dunia Usaha dengan Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepri, Ir. Mangara Simarmata, M.AP, yang mencakup kerjasama pelatihan pengembangan SDM, Instruktur, Penempatan dan Sertifikasi tenaga kerja.

Dalam pengarahannya, Taba Iskandar, selaku Ketua Badan Anggaran DPRD Provinsi Kepulaua Riau mengaku sangat mendukung kegiatan pelatihan seperti ini, terutama dalam rangka meningkatkan pengembangan skill, keterampilan, dan kemampuan bagi tenaga kerja yang bermuara pada penempatan tenaga kerja yang dilatih.

“Lebih dari itu, peserta pelatihan akan dilatih diperusahaan, dengan standar perusahaan, dibangun budaya kerja perusahaan dan akan langsung akan ditempatkan di perusahaan tempat melakukan pelatihan tersebut,” ujarnya

Selain itu peserta pelatihan dapat direkomendasikan di perusahaan-perusahaan yang telah bekerjasama dan menandatangani MoU tersebut, program ini benar – benar tepat ke sasaran bagi maryarakat yang belum mendapatkan pekerjaan di Kepri.

Sebagai anggota Banggar di DPRD Provinsi Kepri, Taba Iskandar senang, dan berjanji untuk mendukung kegiatan seperti ini dan terus mendorong agar kegiatan serupa dilakukan di perusahaan – perusahaan lainnya, sehingga semakin banyak tenaga kerja mendapat manfaat dan langsung mendapatkan pekerjaan.

Acara pelatihan ini diikuti oleh 25 peserta yang dihadiri oleh sejumlah dunia industri seperti PT Mc Dermott, PT Sumitomo, PT Eco Green, PT Cintra Tubindo, dan PT DSAW sebagai tempat melakukan praktek pelatihan dan penempatan tenaga kerja.

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close