Natuna

Wan Siswandi Pimpin Upacara Hari Pramuka ke-61 di Pantai Piwang

NATUNA – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Natuna, Wan Siswandi pimpin Upacara Hari Pramuka ke-61 di Pantai Piwang, Sabtu (03/9) dan diikuti oleh para pembina serta anggota Pramuka Kabupaten Natuna.

Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Hari Pramuka yang ditetapkan pada tanggal 14 Agustus itu berdasarkan pada sejarah lahirnya gerakan kepramukaan di Indonesia.

Hari Pramuka atau Hari Pramuka Nasional adalah hari yang diperingati sebagai hari lahirnya Gerakan Pramuka di Indonesia.

Untuk keterlambatan peringatan hari Pramuka di Natuna karena adanya persiapan peringatan HUT RI, dan baru bisa dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 3 September 2022.

Wan Siswandi Saat Mengikuti Upacara HUT Pramuka ke-61 di Pantai Piwang Ranai Kabupaten Natuna
Wan Siswandi Saat Mengikuti Upacara HUT Pramuka ke-61 di Pantai Piwang Ranai Kabupaten Natuna

Hadir dalam kegiatan seluruh unsur Forkopimda, para pembina, Wakil Ketua I DPRD Natuna, Daeng Ganda Rahmatullah yang disuguhi dengan beberapa pertunjukan anak-anak Pramuka.

Selalu pembina upacara, Wan Siswandi membacakan amanat dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kak Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso

Berikut petikan amanat dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kak Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso.
menjelaskannya bahwa dulunya gerakan Kepanduan terpecah-pecah dengan berbagai organisasi, maka atas peran dan prakarsa Presiden Soekarno, semua organisasi kepanduan itu disatukan dengan wadah yang diberi nama Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden No 238 tahun 1961.

“Gerakan Pramuka menjadi penting dalam berpartisipasi mendidik pemuda Indonesia, sehingga menjadi manusia-manusia yang Pancasilais, berkarakter baik dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta siap mengabdi bagi bangsa dan negara” tulisnya.

Oleh sebab itu Tema Peringatan Hari Pramuka ke 61 tahun 2022 ini adalah Mengabdi Tanpa Batas, Membangun Ketangguhan Bangsa, diwujudkan dalam bentuk bhakti sosial, bhakti masyarakat, dan bantuan berbagai kondisi bencana alam, bergerak pertama dalam membantu menanggulangi pandemi Covid-19.

Selain itu juga dilaksanakan program untuk meningkatkan pemahaman terhadap Pancasila, yang diwujudkan dalam perilaku sehari-hari maupun berbagai kegiatan lainnya, yang dilakukan oleh para anggota Pramuka.

“Seorang Pramuka harus mengabdi tanpa pamrih, mengabdi tanpa henti serta untuk terus meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat” tegasnya.

Selanjutnya, Wan Siswandi dan para tamu undangan disuguhi beberapa pertunjukan dari anggota Pramuka Natuna dan bahkan diajak menari bersama. (Mhd.Amin)

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close