Pendidikan

Balai Guru Penggerak Kepri Ikuti Secara Daring Pembukaan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6

BINTAN – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI) melalui Direktur Jendral (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) membuka secara langsung Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6

Pembukaan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 dibuka secara daring oleh Dr. Iwan Syharil, P.hD selaku Dirjen GTK Kemendikbudristek RI, Rabu (24 Agustus 2022) Pukul 11.00 WIB.

Selain itu, Pembukaan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 juga ditanyangkan secara live di youtube channel Ditjen GTK Kemendikbud RI serta dihadiri sejumlah pejabat tinggi di lingkungan Dirjen GTK Kemendikbudristek RI, Kepala Daerah (Gubernur, Bupati, Walikota), serta Dinas Pendidikan.

Dirjen GTK Kemendikbudristek RI, Dr. Iwan Syharil, P.hD
Dirjen GTK Kemendikbudristek RI, Dr. Iwan Syharil, P.hD

 

Dr. Praptono selaku Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan, Ditjen GTK Kemendikbudristek RI mengatakan bahwa program ini ditujukan untuk memberikan bekal kemampuan kepemimpinan, pembelajaran dan pedagogik kepada para guru.

Langkah selanjutnya adalah dalam rangka untuk memunculkan atau melahirkan rasa aman dan kebahagiaan kepada peserta didik yang itu ditujukan melalui sikap dan emosi positif terhadap satuan pendidikan.

“Bersikap positif terhadap proses akademik merasa senang dengan kegiatan pembelajaran di satuan pendidikan serta terbebas dari perasaan cemas, terbebas dari keluhan kondisi fisik satuan pendidikan dan tidak memiliki masalah sosial di satuan pendidikannya,” ujar Dr. Praptono.

Pendidikan Guru Penggerak ini dilaksanakan dalam rangka untuk peningkatan kompetensi yang pada akhirnya akan mendukung pilar pendidikan guru penggerak yaitu kepemimpinan pembelajaran, pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran sosial dan emosional, dan juga komunitas praktisi.

“Pada angkatan ke 6 ini, pendidikan guru penggerak dilaksanakan dengan 2 moda yaitu moda reguler yang artinya bahwa seluruh peserta akan mengikuti pembelajaran dengan jaringan internet yang bagus wilayahnya masih terjangkau pada saat pengejar praktek melakukan pendampingan dan lokakarya,” ujarnya

Arahan Kepala BGP Kepri pada Pembukaan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 Kepri
Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Kepulauan Riau, Imam Edhi Priyanto, M.M.Pd

 

Dengan demikian maka, untuk PGP reguler ini pembelajaran dilakukan secara hybrid daring dan luring secara bergantian.

“Namun diangkatan yang ke 6 ini juga kita melakukan PGP rekoknisi pendidikan guru penggera penyetaraan dimana program ini diperuntukkan untuk guru atau kepala sekolah yang telah berperan untuk menjadi pengajar praktek pada minimal satu angkatan dan memenuhi syarat untuk calon guru penggerak,” ujarnya.

Program Guru Penggerak Angkatan 6 ini jumlah Program Guru Penggerak sejumlah 8151 Peserta dan akan melibatkan Pengajar Praktek sebanyak 1578, Fasilitator sebanyak 433, dan juga akan melibatkan Instruktur sebanyak 50 orang.

Pembukaan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 di Kepulaun Riau, Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Kepulauan Riau, Imam Edhi Priyanto, M.M.Pd juga memaparkan arahannya dengan sebait pantun.

Negeri Anambas sungguh indahnya
Pantai bersih lautnya penuh ikan
Ciptakan pemimpin pendidikan Indonesia
Program Guru Penggerak diluncurkan

“Semoga Program berjalan dan dapat menghasilkan Guru Guru dan Pemimpin Pendidikan yang Hebat,” ujar Imam Edhi Priyanto, M.M.Pd.

Selanjutnya, Pembukaan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 di Kepualaun Riau juga diberikan orientasi secara daring terkait pemahaman teknis penyelenggaraan Pendidikan Guru Penggerak oleh Maryana Yunani, S.Pd., M.Pd selaku Penanggungjawab Program Guru Penggerak BGP Provinsi Kepulauan Riau

Selain itu, juga diberikan penjelasan terkait penilaian kinerja aktor pendukung dan lapor PGP oleh Farah Niba, S.Pt., M.M selaku Koordinator Admin serta penjelasan terkait Learning Management System (LMS) PGP oleh Ki Agus Mar Efendi, M.Pd

Diskusi pada Pembukaan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 6 di Kepualaun Riau juga dihadiri 199 Calon Guru Penggerak (CGP) dan 25 orang Pengajar Praktek (PP) untuk Kabupaten Anambas, Karimun dan Lingga.

 

 

Tags
Show More
Kepriwebsite Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close